4 Tempat Wisata Gunung Kidul Yogyakarta, Menyuguhkan Alam yang Indah

4 Tempat Wisata Gunung Kidul Yogyakarta, Menyuguhkan Alam yang Indah

Travel | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 08:52
share

CILEGON, iNewsCilegon - Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta. Kawasan ini terkenal dengan tempat wisata berupa pantai berpasir putih yang dikelilingi terumbu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Saking indahnya, pantai Gunung Kidul ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah.

Padahal, Gunung Kidul tidak hanya menyimpan keindahan pantainya saja, tetapi juga menawarkan berbagai wisata yang menunjukkan keunikan tersendiri.

Selain pantai, berikut adalah beberapa rekomendasi wisata di Gunung kidul Yogyakarta yang patut Anda kunjungi. Pesona alamnya bikin kamu terpukau, deh!

1. Air Terjun Sri Gethuk

Selain pantai, ada juga air terjun yang terkenal di Gunung Kidul yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk tidak hanya berupa air terjun yang menyembur keluar dari bebatuan, tetapi juga memiliki kolam air terjun yang terhubung langsung dengan aliran sungai.

Di musim panas, airnya jernih dan jernih dan ketiga mata air itu berwarna kehijauan. Tidak salah jika Air Terjun Sri Gethuk terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, dikelilingi oleh tebing kapur dan pepohonan rindang yang mengajak kamu untuk bersantai.

Tarif masuknya hanya Rp 15.000 per orang, jadi kamu bisa berenang di air terjun yang jernih dan sejuk ini. Jika ingin berenang di Air Terjun Sri Gethuk, sebaiknya memakai jaket pelampung terlebih dahulu.

2. Telaga Jonge

Saat kamu berkunjung ke Telaga Jonge, kamu akan disambut dengan suasana dan pemandangan yang asri. Ada sebuah telaga dengan air berwarna kehijauan yang dikelilingi pepohonan rindang.

Selama liburan di telaga ini kamu bisa bersantai dan menikmati keindahan Telaga Jonge. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru seperti memancing dan berperahu di danau. Kamu tidak perlu membayar biaya masuk, hanya tiket parkir sebesar Rp 5.000.

Telaga Jonge merupakan salah satu wisata Gunungkidul yang sarat akan legenda dan sejarah karena airnya yang tidak pernah kering.

Konon, Telaga Jonge dulunya adalah tempat pelarian seorang punggawa Kerajaan Majapahit bernama Ki Sidik yang menyamar sebagai Kiai Jonge. Dihormati oleh penduduk setempat, Kiai Jonge menghabiskan sisa hidupnya di tempat ini dan juga dimakamkan di tengah Danau Jonge.

3. Bukit Pengilon

Keindahan panorama Pantai Gunung Kidul dapat dinikmati tidak hanya di tepi pantai, tetapi juga melalui bukit-bukit di sekitarnya. Salah satunya mengarah ke Bukit Pengilon. Sekilas bukit ini terlihat unik seperti bukit Teletapit yang ada di Nusa Penida.

Diselimuti rerumputan hijau yang luas, Bukit Pengilon menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan beberapa pantai di Gunungkidul, antara lain Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Tak hanya pantainya, dari bukit ini kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan keindahan sunset sore hari.

Musim panas dan menjelang awal musim hujan adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Pengilon. Kawasannya yang hijau dan sejuk membuat Bukit Pengilon menjadi tempat perkemahan yang populer bagi para wisatawan.

4 Pawon Tua

Pawon Purba merupakan salah satu wisata yang tepat bagi mereka yang berminat berburu kuliner. Saat kamu berkunjung ke Pawon Purba, kamu bisa menikmati pemandangan persawahan yang hijau dan gunung api purba sambil menikmati aneka hidangan khas Gunung Kidul.

Letaknya yang berada di antara persawahan membuat kamu bisa menjelajahi daerah sekitarnya, meski hanya sekedar untuk berfoto dan mengabadikan momen. Dengan harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 20.000, kamu sudah bisa menikmati berbagai kuliner tradisional yang nikmat.

Pawon Purba tidak hanya menawarkan aneka kuliner yang nikmat, tetapi juga akomodasi rumahan bagi Anda yang ingin bermalam. Mengadopsi konsep yang mirip dengan rumah tradisional Jawa, suasananya lebih nyaman.

Nah itulah 4 tempat wisata Gunung Kidul yang berada di samping pantai dan menawarkan panorama yang indah. Gunung Kidul tidak hanya menyimpan keindahan pantainya tetapi juga menawarkan berbagai wisata yang menunjukkan keunikan tersendiri. Namun, wisata di Gunung Kidul tidak hanya tentang pantai.

Jangan lupa untuk pastikan semua persiapan kebutuhan mulai dari kesehatan, uang, transportasi, kamera dan lainnya supaya liburan kalian ke Gunung Kidul Yogyakarta yang menyenangkan ya!