Paralimpian DIJ Sumbang 14 Medali di APG 2023

Paralimpian DIJ Sumbang 14 Medali di APG 2023

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 08:20
share

RADAR JOGJA Delapan paralimpian asal DIJ berhasil menyumbangkan 14 medali bagi kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja. Sumbangan 14 medali itu turut membantu Indonesia mempertahankan juara umum di ajang pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara itu.

Paralimpian DIJ meraih total tiga medali emas, sembilan medali perak, dan dua medali perunggu. Medali emas disumbangkan Sunarto dari cabor para tenis meja, kemudian Sudartatik yang tergabung dalam tim voli duduk, dan Qonitah Ikhtiar Syakuroh yang turun di cabor bulutangkis.

Sementara medali perak disumbangkan Gayuh Satrio dengan tiga medali. Kemudian Dwiska Afrilia dan Elsa Dewi Saputri dari cabor angkat berat dengan masing-masing dua medali. Serta Andi Santoso dan Nurfendi yang tergabung dalam tim goalball. Sedangkan dua medali perunggu masing-masing disumbangkan Qonitah dari nomor ganda dan Sunarto dari nomor individu.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) DIJ Hariyanto menyampaikan ucapan selamatnya kepada para atlet. Dia juga memuji perjuangan yang telah paralimpian DIJ lakukan di APG Kamboja.
Hariyanto juga memberikan apresiasinya kepada paralimpian DIJ yang belum meraih prestasi. Karena pada persaingan APG 2023 kali ini memang cukup ketat dan tidak mudah, katanya.

Selain itu, Hariyanto juga mengucapkan selamat kepada NPC Indonesia dan kontingen karena berhasil mempertahankan status juara umum. Hasil itu diharapkan bisa memberi semangat NPC di seluruh Indonesia, termasuk di DIJ untuk semakin berkembang dalam pembinaan. Sehingga nanti bisa berkontribusi positif untuk prestasi daerah dan Indonesia. Agar ke depan bisa meningkatkan prestasi dan bisa mempertahankan juara umum, ujarnya.

Indonesia sendiri memastikan gelar juara umum untuk kali ketiga secara berturut-turut di ajang APG. Kepastian itu didapat pada Kamis (8/6) usai perolehan medali emas kontingen Merah Putih tak mungkin dapat disalip kontingen Thailand yang membayangi di peringkat dua.

Total Indonesia meraih 401 medali di ajang APG 2023. Dengan rincian 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Jumlah ini jauh mengungguli Thailand di peringkat kedua dengan 126 emas, 109 perak, dan 92 perunggu. Untuk tempat ketiga diduduki Vietnam dengan 66 emas, 58 perak, dan 77 perunggu. (tyo/laz/sat)

Topik Menarik