Fungsi Pelindung Panas Pada Knalpot Motor

Fungsi Pelindung Panas Pada Knalpot Motor

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 08:51
share

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pernahkah Anda melihat knalpot motor yang dilapisi dengan material seperti perban.

Benda yang melingkupi knalpot tersebut dikenal sebagai exhaust wrap, dan merupakan salah satu aksesori tambahan yang digunakan pada sepeda motor.

Penggunaan exhaust wrap bukan hanya sekadar gaya-gayaan semata, tetapi juga memiliki fungsi untuk sepeda motor.

Exhaust wrap biasanya digunakan pada sepeda motor modifikasi dengan berbagai aliran.

Penggunaannya dapat membantu mengurangi panas yang dipancarkan oleh knalpot, meningkatkan efisiensi pembakaran, serta meningkatkan performa mesin.

Hal ini dipercaya dapat menjaga knalpot bisa bekerja pada suhu idealnya.

Selain itu exhaust wrap juga bisa melindungi kaki pengendara dari panasnya leher knalpot, terutama untuk motor custom yang biasanya memakai knalpot dengan jenis yang terekspos keluar.

Dengan exhaust wrap, knalpot panas bisa sedikit diredam dan meminimalisir resiko kaki anda terkena knalpot panas.

Pemasangan exhaust wrap membutuhkan kehati-hatian, dan jika dilakukan secara tidak benar, dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit seperti rasa gatal dan iritasi.

Jika anda belum pernah memasang exhaust wrap sebelumnya, lebih baik mencari bantuan ahli atau mekanik yang berpengalaman dalam memasang exhaust wrap.

Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pemasangan dengan benar, sehingga mengurangi risiko terjadinya masalah kulit yang mungkin timbul akibat paparan langsung terhadap material exhaust wrap.

Topik Menarik