ASEAN akan Langsungkan Latihan Militer Gabungan Pertama di Lepas Pantai Indonesia

ASEAN akan Langsungkan Latihan Militer Gabungan Pertama di Lepas Pantai Indonesia

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 22:31
share

Blok negara-negara Asia Tenggara akan mengadakan latihan militer gabungan pertamanya di Laut China Selatan, kata ketuanya, Indonesia, pada hari Kamis (8/6). Ini adalah latihan keamanan multilateral terbaru, pada saat meningkatnya ketegangan dan ketidakpastian di wilayah tersebut.

Keputusan tersebut diambil pada pertemuan para komandan militer 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Indonesia, yang akan menjadi tuan rumah latihan di Laut Natuna Utara, perairan paling selatan di Laut China Selatan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, mengatakan kepada kantor berita Antara bahwa latihan tersebut akan dilangsungkan pada bulan September dan tidak termasuk pelatihan operasi tempur. Tujuannya, kata Yudo, memperkuat sentralitas ASEAN.

Persatuan ASEAN selama bertahun-tahun telah diuji oleh persaingan antara Amerika Serikat dan China yang dimainkan di Laut China Selatan. Vietnam, Filipina, Brunei dan Malaysia -- yang semuanya anggota ASEAN -- memiliki klaim yang tumpang tindih dengan Beijing, yang menegaskan kedaulatannya atas hamparan laut yang luas yang mencakup beberapa bagian dari zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan latihan itu digelar terkait dengan "risiko tinggi bencana di Asia, khususnya Asia Tenggara."

Topik Menarik