USDA Travel Show di Medan, Mencicipi Makanan AS Dipadu dengan Rempah Khas Karo

USDA Travel Show di Medan, Mencicipi Makanan AS Dipadu dengan Rempah Khas Karo

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 16:46
share

MEDAN, iNewsMedan.id- United States Department of Agriculture (USDA) menggelar travel show di 5 Kota besar yang ada di Indonesia pada tahun ini. Kota Medan menjadi salah satu kota yang dituju.

Pada travel show kali yang digelar di JW Marriot Hotel, USDA menghadirkan ragam kegiatan yaitu, demontrasi masak, mencicipi makanan dan pameran dimana produk dan bahannya berasal dari negeri Paman Sam itu.

Acara tersebut menghadirkan selebriti sekaligus koki profesional, Vindex Tengker. Pengunjung dapat melihat dan menikmati langsung makanan hasil karya juri Master Chef Sesion 1 ini.

Agricultural Counselor di Kedutaan Amerika Serikat, Rey Santella mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk bahan makanan dari Amerika, serta memperkuat kerjasama perdagangan antar kedua negara.

Selain memperkenalkan produk bahan makanan dari Amerika, kegiatan ini juga bertujuan untuk urusan perdagangan antara Indonesia dan Amerika, ujar Rey Santella, Kamis (8/6/2023).

Tidak hanya itu, program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk pertanian dari Amerika yang bisa di aplikasikan ke dalam makanan berpadu dengan makanan lokal yang ada.

Program tersebut, tambah Rey biasanya dilakukan di Jakarta. Tetapi dengan adanya travel show, produk-produk bahan makanan tersebut dapat dibawa ke wilayah Indonesia yang lain, salah satunya Kota Medan.

Medan merupakan kota besar, yang memiliki pelabuhan untuk melakukan impor. Sehingga kita berharap produk ini bisa masuk ke retail-retail yang ada di Medan, juga produsen-produsen Medan yang ingin mengimpor bisa langsung tanpa harus ke Jakarta dulu, kata Rey.

Kehadiran Chef Vindex Tengker lanjut Rey diharapkan bisa mengedukasi para peserta tentang varietas dan penggunaan bahan makanan AS

Dengan menghadirkan Chef Vindex Tengker ini, kami berharap dapat mengedukasi audiens tentang varietas dan penggunaan bahan makanan AS melalui demonstrasi memasak. tutup Rey Santella.

Tiga menu western spesial yang disajikan Chef Vindex Tengker dalam travel show ini adalah, Smokey Andaliman BBQ US beef Sandwich, Roast spicy chicken bread-US apple dan Medjool dates and Walnut cake.

Dari 3 menu ini, ada satu menu yang menggunakan rempah tradisional khas Karo yaitu andaliman. Rempah ini akan memberikan kombinasi rasa spicy.

Chef Vindex mengatakan setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Kota Medan memiliki salah satu cita rasa khas dari andaliman.

Setiap kali mengunjungi satu tempat di nusantara, kita akan mengambil inspirasi bahan dari daerah itu. Karena kita ada di Medan dan tidak ada arsik di menu kita, maka kita buatlah daging andaliman, tuturnya di lokasi.

Smokey Andaliman BBQ US beef Sandwich, merupakan makanan pertama yang disajikan Chef Vindex dengan menggabungkan andaliman rempah lokal dan bahan premium dari US.

Pada prosesnya, lanjut Chef Vindex andaliman di sangrai, kemudian dihancurkan kemudian di seasoning. Maka dari itu, rasa andaliman pada sanwich iniyang tidak terlalu kencang.

Meskipun begitu makanan pertama ini terasa nikmat berpadu dengan renyahnya daging dan aromatik daun ketumbar, yang disajikan dengan roti sandwich panjang.

Andalimannya tidak terlalu kencang. Karena kita tidak mau terlalu overpowering di sandwichnya, imbuhnya.

Pada acara ini, Chef Vindex juga memanjakan lidah pengunjung dengan menu Roast spicy chicken bread-US apple stuffing, makanan utama dengan perpaduan asam manisnya apel.

Lalu ditutup dengan Medjool dates and Walnut cake. Perpaduan kacang dengan kurma dan cream manis di atasnya.

Topik Menarik