Carsome Paparkan Tips Test Drive Mobil Bekas

Carsome Paparkan Tips Test Drive Mobil Bekas

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 17:30
share

AutonetMagz.com - Setelah melihat-lihat kondisi luar dalam dari mobil yang diincar, ada baiknya kita sebagai pembeli mobil juga melakukan test drive . Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil saat berjalan. Karena ada beberapa komponen seperti setir dan kaki-kaki yang tidak kasat mata dan baru ketahuan bermasalah setelah mobil dijalankan. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika melakukan test drive untuk mobil incaran Anda.

Cek Kondisi Mobil

Sebelum melakukan test drive, aspek pertama yang harus diperhatikan adalah eksterior mobil. Periksa secara detail apakah ada bagian mobil yang tergores, penyok, atau ada bagian cat yang terkelupas. Hal ini bisa saja tidak diketahui oleh sang pemilik mobil sebelumnya. Karena dikhawatirkan bisa saja anda yang tertuduh merusak barang dagangan orang lain. Nyalakan mobil dan rasakan apakah terasa berat saat menghidupkan mobil? bila terasa berat biasanya terdapat masalah pada aki atau dinamo starter . Cek juga lampu indikator yang menyala pada panel instrumen

Sebelum jalan, Anda bisa mengecek kinerja kendaraan saat mundur, perpindahan persneling, hingga putaran stir. Anda juga dapat mengecek kondisi perpindahan rem tangan. Sama seperti eksterior, periksa juga kondisi interior apakah ada bagian yang lecet, kusam, dan noda yang sulit dibersihkan? setelah itu Nyalakan AC dan perkisa apakah embusan udaranya sudah cukup dingin? apakah ada suara saat AC dinyalakan?

Lakukan Di Berbagai Kondisi Jalan

Jika lokasinya memungkinkan, lakukan Test drive di berbagai kondisi jalan dengan kontur yang berbeda-beda. Hal ini memungkinkan Anda untuk merasakan mobil secara optimal mulai dari getaran dan suara mesin, pengereman, akselerasi, dan hingga kenyamanan saat berkendara melewati beragam kontur jalan. Bantingan suspensi bisa dicek dengan melewati jalanan bergelombang atau berbatu. Bila terasa keras atau limbung, juga bisa dilanjutkan memeriksa kondisi shockbreaker .

Selain itu, cek juga kestabilan kemudi mobil, terutama saat kecepatan tinggi atau melewati tikungan tajam. Jika terasa guncangan berlebih atau setir mobil yang berbelok dengan sendirinya, maka ada kemungkinan kelonggaran pada tie rod . Perhatikan suara-suara tertentu yang dihasilkan komponen mobil. Jika didapati bunyi dengung pada bagian kaki-kaki mobil, maka ada kemungkinan laher roda sudah mulai aus. Tie rod yang sudah aus juga akan mengeluarkan suara klek ketika mobil melewati jalan tidak rata. Cek juga kepakeman rem. Jika terdapat jeda saat pengereman, bisa jadi karena volume minyak rem atau permukaan kampas rem mulai menipis.

Demikianlah tips test drive mobil bekas kali ini. Bagaimana menurut anda? sampaikan di kolom komentar

Original Source
Topik Menarik