Uni Eropa, AS Minta Kosovo Mundur dalam Kemelut dengan Serbia atau Hadapi 'Konsekuensi'

Uni Eropa, AS Minta Kosovo Mundur dalam Kemelut dengan Serbia atau Hadapi 'Konsekuensi'

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 12:37
share

Amerika Serikat dan Uni Eropa, pada Rabu (7/6), meminta Kosovo agar mundur dalam ketegangan yang terjadi antara negara tersebut dengan Serbia di bagian utara Kosovo atau mereka akan menghadapi "konsekuensi" dari sekutu lama Baratnya.

Peringatan tersebut dikeluarkan di saat utusan AS dan Uni Eropa mengakhiri kunjungan ke Kosovo dan Serbia untuk meredakan ketegangan yang berkobar menjadi kekerasan pada pekan lalu. Puluhan tentara penjaga perdamaian NATO dan demonstran Serbia di wilayah Kosovo utara terluka dalam bentrokan pada pekan lalu.

Kekerasan meletus setelah pihak berwenang Kosovo melantik sejumlah wali kota dari etnis Albania. Mereka dipilih dengan jumlah pemilih hanya mencapai 3,5 persen setelah warga keturunan Serbia, yang merupakan mayoritas di wilayah tersebut, memboikot pemilihan lokal itu.

Utusan AS untuk wilayah Balkan Barat Gabriel Escobar mengatakan bahwa Kosovo harus memberi otonomi yang lebih besar kepada kota-kota yang mayoritas penduduknya merupakan etnis Serbia jika ingin bergerak semakin dekat untuk bergabung dengan NATO dan Uni Eropa.

Topik Menarik