IHSG Masih Bergerak Mixed dan Cenderung Turun, Analis: Pasar Masih Menyesuaikan Diri dengan ARB 15 Persen

IHSG Masih Bergerak Mixed dan Cenderung Turun, Analis: Pasar Masih Menyesuaikan Diri dengan ARB 15 Persen

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 11:03
share

JAKARTA - Dalam kurun waktu hampir genap sepekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih bergerak mixed dengan kecenderungan menurun saat pasar diasumsikan masih menyesuaikan diri dengan aturan auto rejection bawah (ARB) 15%.

Pagi ini, Kamis, 8 Juni 2023, IHSG dibuka stagnan di posisi 6.619,75 setelah sebelumnya ditutup menguat 0,01% di level 6.619,75 pada perdagangan Rabu, 7 Juni 2023.

Pada perdagangan kemarin, tercatat sebanyak 288 saham menguat, 244 saham menurun, dan 211 saham tidak mengalami perubahan harga alias stagnan.

Nilai transaksi tercatat sebesar Rp10,29 triliun, menurun dari Rp11,79 triliun yang terbukukan pada perdagangan Selasa, 6 Juni 2023.

Tren IHSG Pekan Ini

Founder WH Project William Hartono mengatakan bahwa dalam kurun waktu hampir genap satu pekan, IHSG terpantau masih bergerak mixed dengan kondisi yang seolah cenderung menurun.

Menurut William, kondisi tersebut mengindikasikan bahwa pelaku pasar masih menyesuaikan diri dengan aturan ARB 15% yang baru berlaku di bulan Juni.

Kami menilai ini sebagai adjusment karena pelaku pasar mungkin masih perlu menyesuaikan diri dengan aturan ARB baru, kata William dikutip dari riset harian, Kamis, 8 Juni 2023.

William menambahkan, nilai transaksi pun berkecenderungan untuk menurun di tengah pergerakan IHSG yang sangat volatil.

Dengan demikian, William menyimpulkan bahwa sekalipun ada aksi beli dari para investor maupun trader , pembelian tidak terjadi dalam jumlah yang besar.

Kondisi ini tidak buruk, namun hanya akan membuat saham bergerak lebih lamban, katanya.

Pola IHSG

Secara teknikal, pergerakan IHSG dikatakan William telah membentuk pola falling wedge . Ada indikasi penguatan, namun belum terkonfirmasi dengan adanya resistance pada level 6.754.

Sementara itu, pergerakan IHSG hari ini bisa jadi dipengaruhi oleh pelemahan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menjelang keputusan The Federal Reserve (The Fed) pekan depan terkait kebijakan suku bunga.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, WH Project memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed dengan kecenderungan menguat di rentang 6.618-6.754.

Topik Menarik