Organisasi HAM Serukan Tindakan Internasional untuk Tanggapi Eksekusi di Iran

Organisasi HAM Serukan Tindakan Internasional untuk Tanggapi Eksekusi di Iran

Nasional | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 21:31
share

Sekelompok organisasi hak asasi manusia, Selasa (6/6) memperingatkan tentang eksekusi di Iran dan mengatakan bahwa situasi itu memerlukan tanggapan mendesak dan bersatu dari masyarakat internasional.

Impact Iran dan 11 organisasi anggota mengeluarkan pernyataan bersama yang mengutuk gelombang eksekusi yang mengerikan oleh Republik Islam Iran selama beberapa bulan terakhir, termasuk gelombang eksekusi baru-baru ini yang menarget para pengunjuk rasa.

Kelompok itu meminta PBB agar menuntut mereka yang bertanggung jawab atas perampasan nyawa secara sewenang-wenang ini termasuk dengan menggunakan langkah dan pembatasan terarah terhadap orang-orang dan entitas yang terlibat.

Menurut pernyataan itu, Iran menggunakan eksekusi tersebut untuk menyebarkan ketakutan dan mencegah perbedaan pendapat menyusul protes yang dimulai pada September lalu sebagai tanggapan atas kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi

Berbagai organisasi HAM itu mengatakan minoritas etnik secara menyolok merupakan sebagian besar dari populasi yang dihukum mati itu. [uh/ab]

Topik Menarik