Jokowi Janjikan Pengembalian Investasi yang Tinggi di IKN

Jokowi Janjikan Pengembalian Investasi yang Tinggi di IKN

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 20:30
share

Presiden Joko Widodo, Rabu (7/6) mempromosikan proyek pembangunan ibu kota baru sebesar $32 miliar kepada para investor global dan menjanjikan pengembalian investasi yang tinggi.

Jokowi mengatakan ekonomi Indonesia yang tumbuh stabil di sekitar lima persen, ditambah dengan inflasi yang rendah, seharusnya cukup untuk meyakinkan para investor untuk menanamkan modal mereka di ibu kota negara baru (IKN) Nusantara.

Jangan hanya duduk dan menonton. Ini adalah kesempatan emas yang sangat menawan di Indonesia di mana Anda semua bisa menjadi bagiannya, ujarnya dalam sebuah acara di Singapura.

Sementara itu, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dalam kersempatan yang sama mengatakan, Sampai akhir tahun ini kami akan melihat beberapa komitmen tentunya, kami sedang mendiskusikan misalnya beberapa NDA (non disclosure agreement) dan sekarang mereka berada di drawing board untuk menyediakan beberapa studi visibilitas, rencana bisnis dan lain-lain. Dan setidaknya ada lima negara yang sekarang dalam proses uji tuntas yang serius, Korea adalah salah satunya, lalu Jepang, China, Jerman dan Uni Emirat Arab.

Indonesia sedang membangun "kota pintar" seluas hampir 260.000 hektare di hutan Pulau Kalimantan untuk menggantikan ibu kota Jakarta yang tenggelam di pulau Jawa.

Pemerintah berjanji bahwa hanya 20 persen dari total biaya pembangunan Nusantara akan ditanggung oleh APBN, dan sisanya berasal dari investor swasta. [ab/uh]

Topik Menarik