Hasto Ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Hasto Ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Nasional | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 12:38
share

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membocorkan satu per satu nama figur yang masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo . Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono masuk daftar calon RI 2 pendamping Ganjar.

Hasto membenarkan sejumlah nama calon pendamping Ganjar yang diungkapkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani kemarin. "Nama-nama yang disampaikan Mbak Puan kemarin, betul. Bahkan, muncul juga nama Pak Basuki, Menteri PUPR," kata Hasto saat jumpa pers dalam Rakernas III hari kedua yang digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Dia menjelaskan, nama Basuki muncul dari aspirasi masyarakat di daerah. Aspirasi itu disuarakan lantaran masyarakat melihat adanya kemajuan infrastruktur di sejumlah daerah semasa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ada dari daerah-daerah Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatera, Palembang mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur, kemudian NTT mengalami kemajuan. Kemudian ada yang mengusulkan Pak Basuki, yang oleh Pak Jokowi dikatakan sebagai Bapak Infrastruktur," ujarnya.

Hasto mengatakan bahwa nama-nama itu nantinya akan didiskusikan dengan sejumlah pihak. Setelah itu, akan diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Nama-nama ini nanti Ibu Ketua Umum Kemudian setelah ditelaah seluruh aspek, kemudian dialog dengan para ketua umum partai yang lain, terutama bapak presiden sehingga nanti akan muncul (nama cawapres Ganjar)" pungkasnya.

Sebelummya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani membocorkan sejumlah nama yang masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Salah satunya adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Nama-nama itu dibeberkan Puan dalam konferensi pers pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Awalnya Puan mengungkapkan, sampai saat ini ada 10 nama yang masuk ke dalam bursa cawapres Ganjar. Mereka antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Kemudian ada Pak AHY, iya kan? Pak AHY. Siapa lagi, Mas?" kata Puan kepada Ganjar Pranowo yang duduk di sebelahnya.

(rca)

Topik Menarik