Mengenal Capung Merah Alias Yamaha YA-1 Motor Pertama Buatan Yamaha

Mengenal Capung Merah Alias Yamaha YA-1 Motor Pertama Buatan Yamaha

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 09:03
share

CILEGON, iNewsCilegon.id - Yamaha telah menjelma menjadi salah satu raksasa automotif di segmen kendaraan roda dua. Berbagai jenis kendaraan keluaran Yamaha telah mewarnai jalanan di dunia termasuk Indonesia.

Yamaha dimulai pada tahun 1887 ketika Nippon Gakki Co., Ltd. didirikan oleh Torakusu Yamaha di Hamamatsu, Jepang. Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi organ dan alat musik lainnya.

Namun, pada tahun 1955 Yamaha memperluas bisnisnya ke industri sepeda motor dengan peluncuran Yamaha YA-1, motor pertama yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang tersebut.

Yamaha YA-1 berhasil memperoleh popularitas dan memberikan dorongan awal bagi perkembangan Yamaha di pasar sepeda motor.

Yamaha YA-1 yang dijuluki red dragonfly alias capung merah memang dibuat mirip dengan DKW RT125.

Yamaha YA-1 memiliki desain yang sederhana dan elegan dengan bodi yang ramping.

Walaupun desainnya yang mirip secara mesin, Yamaha YA-1 dengan DKW RT125 ternyata berbeda.

Meski sama-sama berkubikasi 125 cc, Yamaha YA-1 punya keunggulan lebih banyak ketimbang DKW RT125 seperti dari materialnya hingga jumlah gigi yang sudah empat.

Dikutip dari global.yamaha-motor.com, Yamaha YA-1 diturunkan di ajang balap, sepuluh hari setelah perusahaan resmi didirikan.

Ajang balap yang pertama diikuti adalah Mt. Fuji Ascent Race pada 10 Juli 1955 dan Asama Highlands Race. Yamaha langsung membuat heboh karena berhasil menjuarai kedua ajang balap tersebut.

Kisah inilah yang membuat Yamaha YA-1 menjadi terkenal seantero Jepang dan mendapat julukan Atakumbo alias capung merah

Reputasinya sebagai motor dengan mesin berkualitas tinggi dan andal langsung terbentuk. Motor ini juga diklaim cukup laris pada masanya.

Topik Menarik