Menolak Hapus Konten, Wikipedia Didenda Rp550 Juta

Menolak Hapus Konten, Wikipedia Didenda Rp550 Juta

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 10:48
share

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Wikimedia Foundation yang membawahi Wikipediadidenda tiga juta rubel (Rp550 juta) oleh pengadilan Rusia. Hal tersebut imbas Wikimedia menolak menghapus konten mengenai battalion Azov Ukraina, demikian menurut laporan kantor berita Interfax.

Batalion Azov yang dimaksud ialah sebuah unit militer Ukraina, telah ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Rusia.

Namun demikian, Rusia belum berencana untuk memblokir akses ke Wikipedia, tetapi negara yang dipimpin Vladimir Putin ini akan menerapkan serangkaian denda.

Wikipedia sendiri merupakan salah satu dari sedikit sumber informasi independen yang bertahan di Rusia, meski rezim Putin kerap menindak tegas konten dating setelah Moskow membombardir Ukraina.

Sebelumnya, Wikipedia mengkritik hukuman yang diberikan rezim Putin lantaran hal itu bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah Rusia untuk membatasi penyebaran informasi lengkap dan dapat dipercaya di negara tersebut.

Kami menentang upaya-upaya penindasan, dan kami melihat langkah itu sebagai upaya menggunakan tanggung jawab hukum untuk membatasi pengetahuan bebas, ujar Wikimedia dikutip Antara, Kamis (7/6/2023).

Sebagai informasi, belum lama ini Rusia untuk pertama kalinya memberikan denda pada WhatsApp akibat tidak menghapus konten yang dilarang.

Topik Menarik