Wamen BUMN Siap Perkarakan Waskita dan Wika Jika Terbukti Manipulasi Laporan Keuangan

Wamen BUMN Siap Perkarakan Waskita dan Wika Jika Terbukti Manipulasi Laporan Keuangan

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 11:43
share

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo curiga PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika memanipulasi laporan keuangan.

Dugaan manipulasi: Ia menyebut, laporan keuangan Waskita dan Wika tidak sesuai dengan kondisi riil. Dalam laporan keuangannya, Waskita dan Wika menyebut perusahaan dalam kondisi selalu untung. Padahal, cash flow perusahaan tidak pernah positif.

Tata kelola keuangan memang PR saya dengan bu Nely (Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN, Nawal Nely), karena memang di beberapa BUMN Karya, seperti Waskita, seperti Wika ini, memang pelaporan keuangannya juga tidak sesuai dengan kondisi riilnya, ucapnya dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI bersama Kementerian BUMN, Senin (5/6/2023).

Investigasi: Kementerian BUMN saat ini sedang melakukan investigasi bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait dugaan manipulasi laporan keuangan tersebut.

Kami sedang melakukan investigasi Wika dan Waskita, apakah sebenarnya laporan keuangan selama ini riil atau perlu restatement karena selama ini laporannya tidak riil, tuturnya.

Ia berjanji akan menuntut manajamen terkait jika hasil investigasi menunjukkan adanya pemalsuan laporan keuangan. Jika ditemukan adanya unsur pidana dalam laporan tersebut, Kementerian BUMN akan melakukan penuntutan secara hukum.

Apabila memang ada fraud dari sisi pelaporan keuangan, kami bisa lakukan tindakan yang tegas dengan kerangka governance yang ada, karena kami harus memberikan efek jera. Mereka (manajemen lama diduga pembuat laporan palsu) selesai (bertugas), tetapi perusahaan bangkrut ternyata setelahnya. Ini lucu, ujarnya.

Topik Menarik