Australia Desak AS dan China Hindari Gaya Perang Dingin “Salah Langkah atau Salah Perhitungan"

Australia Desak AS dan China Hindari Gaya Perang Dingin “Salah Langkah atau Salah Perhitungan"

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 02:00
share

Australia telah memperingatkan bahwa tidak ada perlindungan untuk mencegah salah langkah atau kesalahan perhitungan seperti era perang dingin antara Amerika dan China. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan bahwa "tidak ada pagar pengaman" untuk mencegah konfrontasi antara kekuatan besar.

Ketegangan meningkat antara Beijing dan Washington menyusul insiden militer lainnya di Selat Taiwan. Angkatan Laut AS hari Senin (5/6) merilis video tentang apa yang dikatakannya sebagai "interaksi tidak aman" ketika sebuah kapal perang China melintas di depan kapal perusak AS.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, setelah kembali dari pertemuan keamanan regional di Singapura dan Vietnam dalam wawancara luas dengan lembaga kepenyiaran Australian Broadcasting Corp. Senin, mengatakan, bahwa AS dan China membutuhkan \'pagar\' - atau pengaman- yang akan membantu mencegah potensi konflik atau konfrontasi.

Ia menambahkan bahwa komunikasi antar negara adalah cara terbaik untuk menghindari potensi konsekuensi bencana.

Perdamaian tidak bisa diterima sebagai hal yang lumrah dan kuncinya, tentu saja, adalah dialog. Masalah yang terjadi ada keretakan dalam hubungan itu, dan itusebabnya pemerintah AS menyerukan peningkatan dialog dengan China, itu sangat penting, dan itu yang kami dukung, dan hal itu kami desak China agar berpartisipasi, jelasnya.

Topik Menarik