PBB ‘Risau’ oleh Penahanan Terkait Peringatan Tiananmen di Hong Kong

PBB ‘Risau’ oleh Penahanan Terkait Peringatan Tiananmen di Hong Kong

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 20:37
share

Kantor Komisaris Tinggi HAM PBB Senin menyatakan risau oleh penahanan di Hong Kong yang terkait dengan peringatan tindakan keras China terhadap demonstran prodemokrasi di Lapangan Tiananmen. Akan tetapi pemerintah Hong Kong balik mengecam apa yang disebutnya sebagai upaya untuk mencoreng tugas sah polisi.

Dalam sebuah cuitan, kantor PBB mengatakan, Kami mendesak pembebasan siapa pun yang ditahan karena menjalankan kebebasan menyatakan pendapat dan berkumpul secara damai. Kami meminta pihak berwenang agar sepenuhnya mematuhi Perjanjian Internasional mengenai Hak-Hak Sipil dan Politik.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin Senin mengatakan bahwa Beijing mendukung kuat otoritas Hong Kong dalam upaya mereka untuk menjaga keamanan dan stabilitas, dan Kementerian itu dalam sebuah pernyataan Minggu larut malam mengatakan bahwa hari ini Hong Kong bergerak dari kekacauan ke stabilitas dan kemakmuran di sepanjang jalur satu negara, dua sistem yang benar, menurut Reuters.

Polisi Hong Kong pada hari Senin mengatakan mereka menahan 27 orang yang dicurigai merusak kedamaian masyarakat selama dua hari terakhir, ketika para aktivis dan masyarakat awam memperingati 34 tahun tindakan keras terhadap demonstran prodemokrasi di Lapangan Tiananmen, Beijing.

Mereka yang ditahan dibebaskan semuanya setelah diinterogasi, tanpa dikenai dakwaan, kata polisi.

Topik Menarik