Bendungan di Ukraina Selatan Diledakkan

Bendungan di Ukraina Selatan Diledakkan

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 19:37
share

Ukraina dan Rusia saling menuduh pihak lain meledakkan sebuah bendungan besar di dekat Kherson, Ukraina Selatan, pada Selasa (6/6).

Penghancuran bendungan Kakhovka di wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia itu mendorong peringatan evakuasi bagi orang-orang yang tinggal di sepanjang Sungai Dnipro.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina untuk membahas situasi itu.

Penghancuran bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovka menegaskan kepada seluruh dunia bahwa mereka harus diusir dari setiap sudut tanah Ukraina, cuit Zelenskyy. Tak satu meter pun yang boleh diserahkan kepada mereka, karena mereka menggunakan setiap meter itu untuk teror. Hanya kemenangan Ukrainalah yang akan mengembalikan keamanan. Dan kemenangan ini akan tiba. Teroris tidak akan mampu menghentikan Ukraina dengan air, rudal atau apapun.

Kepala administrasi kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak, menulis di Telegram bahwa penghancuran bendungan itu oleh Rusia merupakan ekosida (penghancuran lingkungan) dan kejahatan perang.

Para pejabat Rusia mengatakan serangan Ukraina merusak bendungan itu.

Badan kemanusiaan PBB pada Selasa (6/6) mencuit bahwa penghancuran bendungan itu membuat ribuan warga sipil dalam bahaya, membuat banyak orang tanpa rumah dan sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyebut penghancuran itu sebagai tindakan keterlaluan, yang sekali lagi menunjukkan kebrutalan perang Rusia di Ukraina.

Topik Menarik