Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PERHAPI Malut Adakan Kegiatan Penghijauan

Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PERHAPI Malut Adakan Kegiatan Penghijauan

Seleb | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 14:14
share

Jakarta,TAMBANG,- Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni setiap tahun, Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Perwakilan (PERHAPI) Maluku Utara (Malut) menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon atau penghijauan. Kegiatan ini dipusatkan di area kampus Universitas Muhammadiyah, Maluku Utara (UMMU), pada Senin (5/6).

Di kesempatan itu, Kasman H Salamat selalu Ketua Panitia Peringatan HLH Perhapi Malut menjelaskan selain kegiatan penanaman bibit pohon yang difokuskan di Kelurahan Sasa, pihaknya juga akan menggelar rangkaian kegiatan lainnya. Kegiatan lain yang juga akan dilaksanakan diantaranya diskusi publik tentang lingkungan hidup serta penyerahan bibit pala kepada para petani di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, urai Kasman dalam keterangan yang diterima www.tambang.co.id pada Selasa (6/6).

Sementara Ketua PERHAPI Malut, Muhammad Qadafi menjelaskan dalam peringatan HLH tahun ini pihaknya mengangkat tema Aksi Kolaborasi untuk Bumi. Pilihan tema ini berangkat dari kesadaran tentang pentingnya kolaborasi untuk merawat bumi. Kolaborasi itu dari berbagai pihak. Karena urusan bumi ini harus menjadi kesadaran kita bersama, terutama dalam hal merawat dan menjaga kelestariannya, tandas Mumamad.

Ia pun berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin Perhapi yang harus digelar setiap tahunnya, karena di era krisis ekologi saat ini, pohon-pohon dapat membantu alam untuk tetap lestari. Ini adalah aksi nyata kita menjaga dan merawat Bumi. Kita berharap tahun depan semakin banyak lagi yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga akan memberi dampak yang lebih luas dan nyata lagi,ungkap Muhammad.

Yusuf A Tiong, salah satu anggota PERHAPI yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengaku senang melihat antusias peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Menurutnya ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat khusus peserta untuk merawat bumi semakin tinggi. Kita melakukan hal yang nyata dalam merawat Bumi. Penghijauan ini menjadi langkah nyata untuk menekan emisi karbon. Hal lain yang juga harus kita lakukan bersama adalah membangun gerakan bersama untuk mulai mengurangi penggunaan plastik. Ini sejalan sesuai dengan tema utama dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun ini yakni Beat Plastic Pollution. Kita perlu bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik,terangnya.

Selain Anggota Perhapi dan Mamasiswa dari kampus UMMU dan Unkhair, hadir pula perwakilan dari Korem 152/Babullah, Wakil Rektor II UMMU, Asisten III Wali Kota Ternate, perwakilan BPDASHL Malut, pihak PT Harita Nickel, pihak PT ADT serta mahasiswa Pertambangan UMMU dan Unkhair.

Topik Menarik