Kemenkeu: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Masih Belum Tinggi di 2023

Kemenkeu: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Masih Belum Tinggi di 2023

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 13:48
share

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperoyeksikan kondisi ekonomi global masih belum tumbuh agresif di tahun 2023. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Wakil Menteri Suahasil Nazara di DPR RI Senin, 5 Juni 2023.

Prospek pemulihan ekonomi masih tertahan, proyeksi pertumbuhan ekonomi global masih belum akan tinggi 2023, bahkan diperkirakan lebih rendah dari 2022, ungkap Suahasil.

Meskipun terjadi pemulihan setelah masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19, Suahasil berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi global untuk tahun ini masih dihadapkan dengan beberapa tantangan.

Salah satu yang mempengaruhi proyeksi tersebut misalnya ketidakpastian kebijakan ekonomi negara-negara besar. Perubahan kebijakan perdagangan dan politik disebutnya dapat berdampak buruk terhadap pertumbuhan ekonomi global secara keseluruhan.

Suahasil juga menyoroti tingkat inflasi yang presisten tinggi di dunia saat ini. Masih ada tekanan di sektor keuanganm debt distres s, perang ukraina, geo economic fragmentation , mungkin suku bunga juga akan higher for longer , ungkap Suahasil.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani turut mengungkapkan sejumlah indikator penting yang perlu diwaspadai, Salah satunya indeks manufaktur Indonesia (PMI) bulan April 2023 yang melemah ke level 50,3 dari level 52,7 di bulan Maret 2023.

Konsumsi semen juga menujukan koreksi yang cukup dalam, ini berarti pertumbuhan di sektor bangunan cukup tertahan. Ekspor-impor kita lihat tadi dengan enviroment global yang melemah menjukan ekspornya melemah cukup dalam, ungkapnya

Meskipun demikian, Sri Mulyani juga menyoroti beberapa optimisme pertumbuhan ekonomi yang masih baik di dalam negeri. Salah satunya, tercermin dari menguatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tercatat di bulan April 2023 sebesar 126,1.

IKK masih kuat smpai April, ini nanti ditopang oleh inflasi yang cukup jinak sehingga memberikan alasan masyarakat untuk optimis, pungkasnya.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Tanah Air pada periode tiga bulan pertama 2023 tercatat 5,03%. Sementara hingga akhir tahun 2023, Kemenkeu memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,0%-5,3%.

Topik Menarik