Dua Personel Mabes Polri Diduga Peras WN Kanada Rp1 Miliar

Dua Personel Mabes Polri Diduga Peras WN Kanada Rp1 Miliar

Nasional | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 09:58
share

Dua personel Polri diduga melakukan pemerasan terhadap buronan interpol asal Kanada, Stephane Gagnon (50), sebesar Rp 1 miliar.

Diperiksa: Kabid Humas Polda Bali, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, para terduga pelaku saat ini sudah diperiksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri.

Iya, ada dua oknum polisi dan satu oknum sipil yang diperiksa, ujar Stefanus melalui keterangan persnya, Senin (5/6/2023).

Personel dari Mabes Polri: Stefanus memastikan, dua anggota personel tersebut bukan berasal dari Polda Bali, melainkan dari Mabes Polri. Sedangkan seorang warga sipil dalam kasus pemerasan itu juga bukan dari Pulau Dewata.

Ini masih akan dilakukan penyelidikan tentang kebenaran itu. Jadi, pihak-pihak yang dilaporkan sekarang masih proses pemeriksaan oleh Propam Mabes Polri. Untuk pelaporannya hampir sama Rp 1 miliar. Tetapi, masih dilakukan penyelidikan tentang kasus ini, ucapnya.

Sanksi: Jika memang terbukti adanya pemerasan, Stefanus memastikan bakal sanksi yang menanti dikenakan kepada kedua personel tersebut.

Kalau memang benar-benar terlibat, ada ditemukan indikasi yang dilaporkan ada prosesnya. Bisa proses hukum pidana, bisa proses etik atau disiplin, tegasnya.

Diperas sebelum ditangkap: Sebelumnya, pengacara Stephane Gagnon, Parhur Dalimunthe menyebut, kliennya diperas oleh oknum sipil yang di backing Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri.

Empat minggu sebelum ditangkap, Stephane Gagnon mengaku diancam seorang warga sipil yang mengaku memiliki kenalan Hubinter Polri. Jika tidak membayar Rp 1 miliar, Stephane Gagnon diancam akan segera ditangkap.

Topik Menarik