Hacker Korea Utara Kimsuky Menyamar Jurnalis Lakukan Kegiatan Mata-mata

Hacker Korea Utara Kimsuky Menyamar Jurnalis Lakukan Kegiatan Mata-mata

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 22:30
share

JAKARTA Kelompok hacker dari Korea Utara bernama Kimsuky diketahui telah menyamar sebagai jurnalis dan akademisi untuk kampanye phishing. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan kegiatan mata-mata.

Dilansir dari Bleeping Computer, pemerintah AS dan Korea Selatan berhasil melacak kegiatan mata-mata Kimsuky dan menganalisis kampanye, serta tema grup peretas baru-baru itu untuk melakukan serangan.

Yang mengejutkan, ternyata operasi cyber Kimsuky dilakukan atas instruksi langsung negara. Hal ini diketahui dengan masuknya Kimsuky ke dalam bagian dari Biro Umum Pengintaian Korea Utara (RGB).

"Juga dikenal sebagai Thallium dan Velvet Chollima, Kimsuky telah melakukan kampanye spionase skala besar yang mendukung tujuan intelijen nasional sejak setidaknya 2012," tulis laman itu, dikutip Minggu (4/6/2023).

Serangan Kimsuky telah membuat sejumlah kekhawatiran, karena melakukan rekayasa sosial dan spionasi.

"Korea Utara sangat bergantung pada intelijen yang diperoleh dengan mengkompromikan analis kebijakan dan kompromi yang berhasil memungkinkan aktor Kimsuky untuk membuat email phishing," sambungnya.

Peretas Kimsuky dengan cermat merencanakan dan melaksanakan serangan phishing dengan menggunakan alamat email yang sangat mirip dengan orang-orang nyata, dengan menyusun konten yang meyakinkan dan realistis.

"Selama lebih dari satu dekade, aktor Kimsuky terus memperbaiki teknik rekayasa sosial mereka dan melakukan upaya phishing, sehingga mereka semakin sulit untuk dilihat," tambahnya.

Dalam banyak kasus, para peretas menyamar sebagai jurnalis dan penulis untuk menanyakan tentang peristiwa politik saat ini di semenanjung Korea, program senjata Korea Utara, pembicaraan AS, sikap China, dan banyak lagi.

(san)

Topik Menarik