Ridwan Kamil Jangan Beli Kecintaan Rakyat Untuk Jadi Pemimpin

Ridwan Kamil Jangan Beli Kecintaan Rakyat Untuk Jadi Pemimpin

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 21:13
share

Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Partai Golkar Ridwan Kamil secara tegas menolak praktik mahar politik.

Hal itu dia sampaikan usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar di Jakarta pada Minggu (4/6).

Pria yang sehari-hari bertugas sebagai gubernur Jawa Barat tersebut menegaskan, Partai Golkar adalah salah satu partai politik (parpol) yang berkomitmen menolak mahar politik.

Menurut pejabat yang akrab dipanggil RK itu, mahar politik perlu dihindari. Sebab, bagi RK, seorang pemimpin tidak boleh melakukan upaya-upaya untuk membeli kecintaan rakyat.

Karena menjadi pemimpin itu jangan dimulai dari niat membeli kecintaan rakyat, membeli kepercayaan rakyat, ungkap dia saat diwawancarai oleh awak media.

RK yakin, rakyat akan mencintai pemimpin yang bekerja dengan tulus dan ikhlas. Karena itu, dia menyebut, tidak perlu ada mahar politik.

Partai Golkar sebagai partai tengah, lanjutnya, sudah membuktikan komitmen tersebut.

Eks Wali Kota Bandung ini juga menyampaikan, hal itu turut menjadi penekanan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam Rakernas Partai Golkar.

Pesan tersirat (dari Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk) menguatkan lagi bahwa Partai Golkar itu partai tengah dan juga partai tanpa mahar, jelasnya.

Itu pula yang menjadi salah satu alasan RK memutuskan bergabung dengan Partai Golkar. Dia menjadi bagian keluarga besar partai berlambang pohon beringin itu tanpa mahar apa pun. Menurut dia proses politik yang dimulai dengan praktik mahar politik bakal menjadi beban.

Kalau proses politik harus selalu dimulai dari beli-membeli, saya kira perjalanan kepemimpinan siapa pun itu nanti, pasti tersandera oleh niat awal yang kurang baik, bebernya.

Untuk itu, RK dan Partai Golkar tegas menolak praktik mahar politik. Melalui pemilu serentak tahun depan, pihaknya berharap besar akan lahir pemimpin-pemimpin yang bekerja total untuk kepentingan rakyat.

Kita berdoa demokrasi ini menghasilkan seleksi calon-calon legislatif, pemimpin-pemimpin daerah, sampai presiden yang berintegritas dan jadi harapan masa depan Indonesia, tandas RK.

Dalam sambutannya di Rakernas Partai Golkar, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menegaskan komitmen untuk menolak praktik mahar politik.

Airlangga tegas menyatakan bahwa partai yang dia pimpin adalah partai yang inklusif dan terbuka bagi siapa saja.

Saya buktikan ini, seorang gubernur Jawa Barat, Pak RK pun bisa bergabung dengan Partai Golkar tidak pakai mahar politik, tegas Airlangga.

Dia hanya memberi tugas RK untuk membantu memenangkan Partai Golkar pada pemilu tahun depan.

Topik Menarik