7 Makanan Ini Bisa Mengobati Masuk Angin, Nomor 4 Rasanya Lezat Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

7 Makanan Ini Bisa Mengobati Masuk Angin, Nomor 4 Rasanya Lezat Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 16:28
share

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Jika mengalami masuk angin, beberapa makanan ini dipercaya bisa mengobatinya. Makanan tersebut banyak terdapat di dapur dan bisa dibuat dengan mudah.

Kandungan vitamin dan mineral dalam makanan ini dipercaya dapat mengobati masuk angin. Karena makanan ini dapat memberikan energi, meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat mengurangi tingkat keparahan.

Dilansir dari Health Line, Sabtu (20/5/2023), berikut makanan yang bisa mengobati masuk angin.

Makanan yang Bisa Mengobati Masuk Angin

1. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan termudah pada sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan berkurang karena sakit. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, pisang meningkatkan gula darah dan memberikan energi dan nutrisi penting yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Nutrisi tersebut termasuk vitamin C dan B6, tembaga, dan folat. Pisang juga kaya akan potasium, elektrolit yang hilang saat berkeringat. Anda bisa makan pisang apa adanya atau mencampurkannya ke dalam makanan lezat lainnya.

2. Teh Chamomile

Secangkir teh chamomile panas memiliki dampak positif menenangkan, menurut National Center for Complementary and Integrative Health. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2020 di jurnal Antioksidan, para peneliti menemukan bahwa kamomil adalah antioksidan.

Itu karena bahan kimia yang ditemukan dalam ramuan yang disebut flavonoid. Flavonoid juga ditemukan dalam apel, kangkung, dan bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu merasa lebih baik saat sakit.

3. Kunyit

Curcumin, senyawa kunyit alami yang bertanggung jawab atas warnanya yang cerah, adalah senyawa anti-inflamasi yang manjur. Kurkumin memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan.

Namun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2017 di jurnal Foods, kunyit merupakan antioksidan yang lemah. Para peneliti menyarankan dikombinasikan dengan lada hitam sehingga efek kunyit meningkat.

4. Sup Ayam

Sup ayam adalah sumber vitamin, mineral, kalori, dan protein yang mudah dimakan, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat pulih dari penyakit. Sup ayam juga kaya akan cairan dan elektrolit, yang berguna jika Anda berisiko mengalami dehidrasi karena diare, muntah, berkeringat, atau demam.

Kehangatan sup dapat membantu mengurangi hidung tersumbat, karena cairan panas atau pedas dapat membantu mengatasi hal ini. Ayam dalam sup ayam juga mengandung asam amino sistein.

5. Kaldu

Seperti sup ayam, kaldu adalah sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik yang berguna saat Anda sakit. Saat panas, kaldu juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Kaldu penuh rasa dan kaya akan berbagai nutrisi namun tetap mudah untuk sistem pencernaan.

Selain itu, kaldu tulang kaya akan kolagen dan asam amino (bahan penyusun protein) dari tulang hewan. Kandungan ini dapat membantu mempercepat pemulihan, meskipun penelitian masih kurang.

6. Bawang Putih

Bawang putih memberikan banyak manfaat kesehatan dan telah digunakan dalam pengobatan herbal selama berabad-abad. Dalam penelitian tabung reaksi dan hewan, terbukti memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Satu studi pada 146 orang menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen berbasis bawang putih memiliki hari sakit sekitar 70 persen lebih sedikit daripada kelompok plasebo. Selain itu, suplemen ekstrak bawang putih tua dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan pilek dan flu.

7. Jahe

Jahe sebagian besar membantu meredakan mual dan muntah. Namun, ia juga memiliki banyak nutrisi anti-inflamasi yang dapat menghilangkan infeksi di saluran pernapasan bagian atas. Meskipun, ada penelitian terbatas yang menunjukkan keefektifan dampak antiinflamasi jahe.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pilihlah jahe segar. Iris atau parut dan tambahkan ke teh, kaldu, smoothie, dan jus. Atau taburkan sedikit di atas buah segar.

Demikianlah makanan yang bisa mengobati masuk angin. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul 7 Makanan yang Bisa Mengobati Masuk Angin, Nomor 3 Dikonsumsi Tiap Hari

Topik Menarik