Deretan Penyanyi Wanita Viral Era 80-an, Ada yang Bertransformasi Menjadi Pendakwah

Deretan Penyanyi Wanita Viral Era 80-an, Ada yang Bertransformasi Menjadi Pendakwah

Seleb | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 15:18
share

JAKARTA, iNews.id - Berikut ini adalah daftar penyanyi wanita yang viral pada era 80-an di Indonesia. Para artis ini merilis lagu-lagu populer yang masih banyak didengar hingga saat ini.

Sayangnya, sebagian besar dari penyanyi-penyanyi berikut ini sudah tidak aktif di dunia musik Indonesia. Namun, beberapa di antaranya masih aktif sebagai pemeran dalam sinetron atau film.

Berikut adalah daftar penyanyi wanita Indonesia yang viral pada era 80-an:

1. Dian Piesesha

Dian Piesesha adalah penyanyi era 1980-an yang mendapatkan popularitas tinggi di dunia musik Indonesia sejak awal karier.

Dia sangat digemari setelah merilis album Pop Indonesia pada tahun 1980. Kesuksesannya semakin meningkat setelah lagu Tak Ingin Sendiri yang dirilis pada tahun 1984 sukses besar di pasaran.

Meskipun usianya sudah 61 tahun, ia masih aktif bermusik dan merilis single Jangan Salah Menilai pada 2020.

2. Nia Daniaty

Nia Daniaty lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 17 April 1964. Dia meraih popularitas pada era 80-an hingga 90-an setelah merilis sejumlah lagu populer seperti Kaulah Segalanya dan Aku Tak Ingin Dimadu.

Selain sebagai penyanyi, Nia Daniaty juga terlibat dalam bidang akting. Pada tahun 1980, dia bahkan masuk dalam nominasi Aktris Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI).

3. Neno Warisman

Neno Warisman dulunya adalah penyanyi dan aktris yang sukses pada era 90-an. Sejak merilis album Matahariku pada tahun 1981, dia mulai dikenal di dunia musik Indonesia.

Popularitasnya semakin meningkat setelah merilis lagu Nada Kasih dan berduet dengan Fariz RM. Saat ini, Neno Warisman berusia 58 tahun dan juga telah merilis lagu religi berjudul A Ba Ta Tsa.

4. Iis Sugianto

Iis Sugianto memulai karier di industri hiburan Indonesia sejak tahun 1978. Namanya mulai terkenal setelah merilis lagu Jangan Sakiti Hatinya pada tahun 1979.

Popularitasnya semakin meningkat ketika ia berkolaborasi dengan Chrisye dalam album Seindah Rembulan (1980).

Iis Sugianto juga terkenal sebagai bintang dalam tiga film dalam satu tahun, yaitu Sejoli Cinta Bintang Remaja, Jangan Sakiti Hatinya, dan Seindah Rembulan.

5. Betharia Sonata

Betharia Sonata lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 14 Desember 1962. Dia meraih popularitas setelah merilis single pertamanya yang berjudul Kau Tercipta Untukku pada tahun 1981.

Popularitasnya semakin meningkat ketika lagu Hati yang Luka menjadi hits. Pada tahun 90-an, Betharia Sonata juga merambah ke dunia seni peran dengan membintangi film.

Itulah lima penyanyi wanita yang viral pada era 80-an di Indonesia. Sebagian besar lagu-lagu mereka masih dinyanyikan ulang oleh penyanyi cover saat ini.

Topik Menarik