Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno Naik Kuda, Semarakkan Pawai Budaya Hari Jadi Bogor ke-541

Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno Naik Kuda, Semarakkan Pawai Budaya Hari Jadi Bogor ke-541

Travel | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 13:21
share

BOGOR, celebrities.id - Dalam rangka memeringati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541, Pemerintah Kota Bogor menggelar pawai budaya (helaran) di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Helaran ini dilaksanakan sebagai upaya merawat kesenian dan kebudayaan serta menggerakkan sektor pariwisata.

Helaran dimulai dengan iring-iringan Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menunggangi kuda dari Balai Kota Bogor. Dengan mengenakan pakaian adat, mereka menyapa warga di Jalan Jenderal Sudirman.

Selanjutnya, pawai budaya itu diikuti oleh 1.201 orang pengisi acara dari berbagai sanggar dan komunitas seni di Bogor. Di antaranya adalah tarian Mojang Pajajaran, Tarian Kawanua Sulawesi Utara, Silat Khas Minangkabau, Tampilan Perempuan Berkebaya Indonesia, Golok Pedang Sepuh Nusantara, Ngibing Bersama, Liong dan Barongsai serta penampilan kesenian lainnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan dalam peringatan HJB ke-541 ini menjadi semangat untuk menjaga Kota Pusaka warisan leluhur dengan helaran budaya.

"Warga Bogor kita jaga Kota Bogor supaya kebesaran dan kerajaan pajajara di masa Prabu asiliwangi melegenda. Bogor yang beragam, Bogor yang menghargai perbedaan, Bogor yang cinta sesama manusia dan Bogor yang penuh seni budaya Insya Allah siapapun walikotanya, siapapun pemimpinnya Kota Bogor akan selalu menjadi kota untuk semua," kata Bima di lokasi, Minggu (4/6/2023).

Dalam kesempatan itu pula, Bima turut menyampaikan salam perpisahan kepada warganya karena masa jabatannya akan berakhir tahun ini.

"Terima kasih warga Kota Bogor untuk kerjasamanya ini adalah HJB terakhir saya mengabdi, saya akan pamit mohon maaf atas segala khilaf dan terima kasih atas kebersamaannya bangga sekali bersama sama dengan Bogor untuk begerak membuat bogor maju dan sejahtera terima kasih selamat hari jadi Bogor, dirgahayu Bogor," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyampaikan ucapan peringatan HJB ke-541. Diharapkan, Kota Bogor terus menjadi kota inovatif dan dan maju khususnya di Jawa Barat.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat kami haturkan selamat berbahagia, usianya sangat panjang mungkin menjadi salah satu tertua di Jawa Barat, 541 tahun. Tolong dirawat pusaka-pusaka di Kota Bogor, semoga Kota Bogor terus berlari, terus berinovasi dan terus berprestasi," ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno Naik Kuda, semarakkan pawai budaya Hari Jadi Bogor ke-541. (Foto: celebrities.id/Putra Ramadani Astyawan)
Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno Naik Kuda, semarakkan pawai budaya Hari Jadi Bogor ke-541. (Foto: celebrities.id/Putra Ramadani Astyawan)

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil juga ikut mengucapkan salam perpisahan bagi warga Bogor. Pasalnya, masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat akan segera berakhir pula.

"Yang baiknya mohon diterima, yang kurang atas kekhilafan mohon dibukakan pintu maaf sudah berusaha semaksimal mungkin membantu membangunkan Alun-Alun Kota Bogor. Hari ini mohon maaf macet dulu tapi Jembatan Otista akan indah, lancar, keren pada waktunya juga merupakan program provinsi membantu rumah sakit, Situ Gede dan lain-lain semoga segala katampih, segala kadedeuh, kanyaah, kacinta dari Gubernur Jabar," katanya.

Topik Menarik