Tak Hanya Emil Audero, Ini 3 Pemain Keturunan Grade A yang Diprediksi Dinaturalisasi PSSI

Tak Hanya Emil Audero, Ini 3 Pemain Keturunan Grade A yang Diprediksi Dinaturalisasi PSSI

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 13:16
share

TAK hanya Emil Audero , terdapat 3 pemain keturunan Grade A yang diprediksi dinaturalisasi PSSI . Sekadar informasi, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang mencari pemain keturunan grade A di Eropa.

Hal itu diungkapkan oleh mantan anggota Eksekutif Komite (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani. "Pak Erick (Ketua Umum PSSI) bersama Shin Tae-Yong sedang melirik pemain-pemain diaspora yang grade A di Eropa," ujar Hasani Abdulgani, mengutip dari Instagram @timnas.goal, Senin (22/5/2023) lalu.

Menyusul kabar tersebut, Emil Audero yang merupakan pemain keturunan Grade A milik Sampdoria disebut-sebut kembali didekati PSSI meski tampil kurang maksimal di Liga Italia 2022-2023. Selain kiper 26 tahun itu, terdapat 3 pemain keturunan Grade A lainnya yang diprediksi dinaturalisasi PSSI. Lantas, siapa sajakah ketiga pemain keturunan Indonesia yang dimaksud?

Berikut 3 Pemain Keturunan Grade A yang Diprediksi Dinaturalisasi PSSI

3. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia-Belanda. Pemain 25 tahun itu saat ini memperkuat klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Groningen yang biasa bermain sebagai pemain sayap kiri.

Akan tetapi, Ragnar Oratmangoen juga mampu beroperasi sebagai gelandang tengah dan bertahan. Ragnar Oratmangoen diketahui merupakan pesepakbola yang memeluk agama Islam lantaran salah satu unggahan di media sosialnya menuliskan keterangan Alhamdulillah.

2. Jay Idzes

Jay Idzes

Selanjutnya adalah Jay Idzes. Pemain keturunan 23 tahun ini memiliki kemampuan yang patut dipertimbangkan untuk dinaturalisasi PSSI. Pasalnya, pemain berpostur 190cm tersebut bisa bermain di sejumlah posisi seperti bek tengah, gelandang tengah maupun gelandang bertahan.

Apalagi, Jay Idzes pernah bermain di Go Ahead Eagles, klub kasta tertinggi Liga Belanda 2022-2023. Namun kini, ia berstatus tanpa klub. Meski begitu, ia pernah menyatakan bahwa dirinya terbuka dan siap dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Misal dalam waktu dekat PSSI kontak kamu untuk proses naturalisasi apakah kamu ada minat?, tanya Yussa Nugraha kepada Jay Idzes di kanal YouTube Yussa Nugraha, dikutip Okezone pada Minggu (4/6/2023).

Aku terbuka untuk itu (jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia), tapi satu sisi aku ingin berkarier di Belanda. Satu sisi aku ingin juga membela Timnas asal kakekku (Indonesia) itu adalah suatu kehormatan. Jadi tentu aku terbuka untuk itu, jawab Jay Idzes.

1. Jordy Wehrmann

Jordy Wehrmann

Pemain keturunan Grade A yang diprediksi dinaturalisasi PSSI di urutan pertama adalah Jordy Wehrmann. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang tengah ini saat ini berkarier bersama ADO Den Haag sebagai pemain pinjaman dari klub asal Swiss, FC Luzern.

Bersama ADO Den Haag, Jordy Wehrmann telah tampil sebanyak 15 pertandingan dan mencetak satu gol di kasta kedua Liga Belanda 2022-2023. Ia merupakan pemain berdarah Indonesia dari sang ibu karena kakek dan neneknya berasal dari Tanah Air, sedangkan ayahnya adalah orang Belanda asli.

Topik Menarik