3 Orang Tewas Jatuh ke Manhole Tongkang di Batola, Ini Identitas Korban

3 Orang Tewas Jatuh ke Manhole Tongkang di Batola, Ini Identitas Korban

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 10:31
share

BANJARMASIN, iNews.id - Tiga warga Banjarmasin tewas terjatuh ke dalam manhole tongkang saat melakukan aktivitas di Perairan Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala. Ketiganya sebelumnya hendak membersihkan sisa batubara dalam tongkang, Jumat (2/6/2023).

Koordinator Lapangan Tim Evakuasi Basarnas Kota Banjarmasin Dendy Prasetyo mengatakan, ketiganya tewas setelah terjatuh ke dalam manhole tongkang dengan perkiraan ketinggian sekitar 10 meter.

Posisi salah satu mayat kepalanya mengapung dan dua orang lagi tenggelam di dalam air kapal tongkang, tutur Dendy, Sabtu (3/6/2023).

Dendy menuturkan bahwa tim dapat mengevakuasi tiga mayat kurang lebih sekitar dua jam. Tim evakuasi tiba di lokasi sekitar pukul 18.05 Wita, kemudian melakukan tindakan awal dengan mempelajari medan di lapangan.

Semula, pihaknya hanya menemukan satu korban dengan kondisi badan tenggelam dan yang terlihat hanya kepala serta dievakuasi sekitar pukul 19.15 Wita. Namun, karena menurut informasi ada tiga orang yang terjatuh ke dalam manhole tongkang, pihaknya melakukan pencarian kembali ke dalam tongkang.

Setelah pencarian, personel menemukan dua korban lain dalam kondisi tenggelam di bagian dasar kapal tongkang yang diperkirakan ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

Korban kedua dapat dievakuasi sekitar pukul 19.25 Wita, sedangkan korban ketiga diangkat dari dalam kapal tongkang sekitar pukul 19.46 Wita.

Dendy mengatakan petugas mengalami kesulitan saat mengevakuasi korban ketiga sehingga membutuhkan waktu yang relatif cukup lama.

Saat hendak membawa tiga korban mendarat ke Dermaga Basarnas Banjarmasin, kata dia, kapal tim sempat mengalami mogok karena kondisi air surut.

Sekitar pukul 21.00 Wita tiga korban berhasil dibawa ke darat, selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk keperluan pemeriksaan. Identitas para korban yakni Asrani (35), Dullah bin Idris (25) dan Amat bin Hilmi (35).

Topik Menarik