Masa Depan VR Ada Disini: Headset VR Quest 3 dari Meta Telah Diluncurkan, Segini Harganya

Masa Depan VR Ada Disini: Headset VR Quest 3 dari Meta Telah Diluncurkan, Segini Harganya

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 10:00
share

Sukoharjonews.com Persaingan semakin memanas di dunia virtual reality. Hanya beberapa hari sebelum Apple mengungkapkan headset realitas campuran pertamanya di WWDC 2023, Meta telah mengumumkan headset Quest 3 VR-nya. Headset baru ini, yang menonjolkan profil 40% lebih ramping dibandingkan dengan Quest 2, akan diluncurkan musim gugur ini. Versi 128 GB akan tersedia seharga USD499,99 atau Rp7,4 jutaan dan harga yang tidak ditentukan untuk model 256 GB.

Meta vs. Apple: Pertempuran untuk Dominasi Realitas Campuran
Dilansir dari Gizmochina, Minggu (4/6/2023), Meta, telah mengerjakan realitas virtual sejak lama. Misalnya, perusahaan membeli Oculus VR seharga USD2 miliar pada Maret 2014. Jika kita mempertimbangkan bahwa teknologi ini masih memiliki beberapa kekurangan saat ini, kita dapat mengatakan bahwa sembilan tahun sudah cukup lama.

Sejak saat itu, raksasa media sosial yang telah memperkenalkan beberapa headset dan membawa konsep Metaverse ke dalam hidup kita, kini akan menghadapi pesaing yang sangat kuat.

Headset realitas campuran Apple telah lama menjadi berita dengan kebocoran yang sedang berlangsung. Meskipun tidak ada yang memiliki gagasan yang jelas tentang seperti apa jadinya, konsensusnya adalah bahwa Apple diharapkan berhasil di bidang ini.

Seperti yang Anda ketahui, raksasa teknologi itu lebih tertarik menjadi yang terbaik dalam melakukan sesuatu daripada menjadi yang pertama. Tampaknya situasi ini mungkin sedikit membuat Meta takut, karena mereka tiba-tiba mengumumkan headset VR Quest 3 dalam video yang dirilis.

Sekilas, Quest 3 tidak terlihat jauh berbeda dari pendahulunya. Namun, sebenarnya membawa inovasi yang signifikan baik dari segi desain maupun teknis. Menurut klaim perusahaan, headset ini lebih ergonomis, lebih ringan, dan dibekali prosesor yang lebih bertenaga serta resolusi yang lebih tinggi.

Headset ini membuka pintu untuk pengalaman bermain game yang lebih nyaman dan realistis. Quest 3 juga kompatibel dengan game Quest 2, memungkinkan pengguna untuk terus memainkan judul favorit mereka di headset baru. Meta juga mengumumkan pengurangan harga untuk Quest 2 mulai 4 Juni. Model 128 GB akan tersedia seharga USD299,99 atau Rp4,4 jutaan dan model 256 GB akan dijual dengan harga USD349,99 atau Rp5,2 jutaan. (nano)