Kremlin Larang Jurnalis Barat Liput Pertemuan ‘Davos’ Rusia

Kremlin Larang Jurnalis Barat Liput Pertemuan ‘Davos’ Rusia

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 00:45
share

Kremlin mengatakan pada Sabtu (3/6) bahwa jurnalis dari "negara yang tidak bersahabat" tidak akan diizinkan meliput Forum Ekonomi Internasional St Petersburg ( St Petersburg International Economic Forum /SPIEF), yang digunakan Presiden Vladimir Putin untuk memamerkan kondisi ekonomi Rusia kepada investor global. Forum tersebut dikenal dengan sebutan forum \'Davos\' Rusia.

Rusia menggelar SPIEF sejak 1997 dan banyak tokoh terkemuka dunia menganggap forum tersebut sebagai jawaban Rusia atas Forum Ekonomi Dunia yang diadakan di Davos. St Petersburg adalah ibu kota yang dibangun oleh Tsar Peter the Great pada 300 tahun yang lalu.

Wartawan Barat belum pernah dilarang meliput forum tersebut sebelumnya.


Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menghadiri konferensi pers di Moskow. (Foto: via Reuters)

"Kali ini memang telah diputuskan untuk tidak mengakreditasi publikasi dari negara-negara yang tidak ramah kepada SPIEF," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada TASS .

"Minat terhadap SPIEF selalu besar, semua jurnalis lainnya akan bekerja di tempat tersebut," kata Peskov. "Negara-negara yang tidak bersahabat" adalah definisi yang digunakan oleh Moskow untuk menggambarkan mereka yang memberikan sanksi atas perang di Ukraina.

Biro Reuters Moskow diberitahu oleh penyelenggara forum pada Jumat (2/6) bahwa akreditasi untuk jurnalisnya dibatalkan setelah menerima konfirmasi akreditasi sebelumnya pada Kamis (1/6).

Ketika Rusia berkembang pesat pada 2000-an, investor besar Barat dan para bankir berbondong-bondong menghadiri forum tersebut. Mereka mencari celah untuk berpartisipasi dalam ledakan pertumbuhan pada dekade pertama pemerintahan Putin.

Topik Menarik