Panggilan dari Nomor Telepon Tak Dikenal Mengganggu Anda? Ini Cara Mengatasinya

Panggilan dari Nomor Telepon Tak Dikenal Mengganggu Anda? Ini Cara Mengatasinya

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 17:13
share

JAKARTA - Panggilan spam dari nomor tidak dikenal tentu sangat mengganggu, apalagi panggilan tersebut dilakukan secara terus menerus. Panggilan spam tampaknya terus terjadi, dan hal ini juga bisa menimbulkan risiko penipuan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi panggilan spam dari nomor telepon tidak dikenal agar tidak membahayakan diri Anda, saudara, atau keluarga Anda.

Cara Mengatasi Panggilan dari Nomor Telepon Tidak Dikenal di Ponsel Android

Cara Mengatasi Panggilan dari Nomor Telepon Tidak Dikenal di Ponsel Android

Anda mungkin mengira bahwa memblokir dan melaporkan setiap nomor yang menelepon Anda akan menghentikan panggilan spam tersebut. Akan tetapi, para scammer dan telemarketing ternyata telah memiliki banyak nomor lain yang dapat mengganggu Anda.

Kabar baiknya, Google dan Apple memiliki fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menangani penelepon tidak dikenal di ponsel Android dan iPhone. Berikut cara melakukannya di ponsel Android.

  1. Pertama, buka aplikasi Phone di ponsel Android Anda.
  2. Ketuk ikon yang berbentuk tiga titik di sudut kanan atas layar dan pilih Call History.
  3. Temukan panggilan dari nomor yang tidak dikenal, lalu ketuk Block atau Report Spam.
  4. Anda dapat memilih untuk melaporkan nomor tersebut sebagai spam atau tidak. Selanjutnya ketuk Block untuk mengonfirmasi.
  5. Selanjutnya, untuk memblokir semua nomor tidak dikenal, kembalilah ke aplikasi Phone dan ketuk lagi ikon berbentuk tiga titik.
  6. Pilih Settings lalu pilih Blocked Number.
  7. Nyalakan toggle di sebelah tulisan Unknown.

Dengan melakukan pengaturan tersebut, Anda telah berhasil memblokir nomor tidak dikenal di ponsel Android Anda. Anda juga tidak akan menerima panggilan apapun dari nomor pribadi atau yang tidak dikenal.

Jika Anda mengaktifkan pesan suara visual, penelepon yang diblokir juga tidak akan dapat meninggalkan pesan suara.

Namun, jika Anda ingin menghindari panggilan dari nomor tidak dikenal, Anda juga dapat memblokirnya di ponsel Android Anda. Pengaturan ini akan mencegah penelepon yang menyembunyikan nomornya atau menggunakan nomor lain untuk menghubungi Anda. Meski begitu, Anda tetap akan bisa menerima panggilan dari nomor telepon yang tidak tersimpan di kontak Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi panggilan dari nomor tidak dikenal di ponsel Android Anda. Selamat mencoba!

Topik Menarik