Bagaimana Cara Mendeteksi Perangkat yang Terkena Malware?

Bagaimana Cara Mendeteksi Perangkat yang Terkena Malware?

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 15:23
share

JAKARTA - Malware adalah suatu perangkat lunak invasif atau kode komputer yang dirancang untuk menginfeksi, merusak, atau mendapatkan akses ke sistem perangkat Anda. Saat ini ada banyak jenis malware dan masing-masing jenis malware menginfeksi dan mengganggu perangkat dengan cara yang berbeda.

Akan tetapi, semua jenis varian malware tersebut sama-sama dirancang untuk membahayakan keamanan dan privasi dari sistem komputer atau perangkat Anda.

Beberapa jenis malware yang parah bahkan dapat menargetkan data keuangan dan informasi sensitif lainnya. Malware tersebut juga digunakan untuk melakukan pemerasan, penipuan, dan pencurian identitas.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mendeteksi apakah perangkat terkena malware atau tidak. Berikut penjelasannya.

Cara Mendeteksi Perangkat yang Terkena Malware

Cara Mendeteksi Perangkat yang Terkena Malware

Dengan mengetahui ciri-ciri perangkat yang terkena malware, maka Anda bisa mencegah penyebaran malware dan segera melakukan tindakan dengan cepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Tanda paling umum bahwa komputer atau perangkat Anda telah disusupi oleh malware yaitu sebagai berikut.

  1. Performa komputer atau perangkat menjadi lambat.
  2. Pengalihan browser, atau tiba-tiba browser web membawa Anda ke situs yang tidak ingin Anda kunjungi
  3. Muncul peringatan infeksi, sering disertai dengan ajakan untuk membeli sesuatu produk atau aplikasi tertentu untuk memperbaikinya.
  4. Muncul masalah ketika Anda mematikan atau memulai komputer Anda.
  5. Muncul iklan pop-up yang sering.

Semakin banyak gejala umum yang Anda lihat, maka semakin tinggi kemungkinan komputer atau perangkat Anda terkena infeksi malware. Pengalihan browser dan munculnya sejumlah besar peringatan pop-up yang mengklaim Anda memiliki virus adalah indikator terkuat bahwa komputer Anda telah disusupi oleh malware.

Itu tadi penjelasan bagaimana cara mendeteksi perangkat yang terkena malware.

Topik Menarik