Asnawi Mangkualam Ungkap Target Realistis PSSI Terhadap STY di Piala Asia 2023

Asnawi Mangkualam Ungkap Target Realistis PSSI Terhadap STY di Piala Asia 2023

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 10:59
share

JEOLLANAM DO - Bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mengungkap target realistis PSSI terhadap Shin Tae-yong di Piala Asia 2023. Menurut informasi yang didapat Asnawi dari tim kepelatihan, Timnas Indonesia ditargetkan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sebagai informasi,PialaAsia2023akan digelar di Qatar, mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Sebanyak 24 tim akan saling beradu demi meraih gelar juara turnamen paling bergengsi di Benua Kuning tersebut.

Adapun Timnas Indonesia tergabung di Grup D pada Piala Asia 2023, yang notabene merupakan grup neraka. Selain tergabung bersama Jepang yang merupakan langganan Piala Dunia, Tim Merah Putih juga tergabung dengan tim Timur Tengah Irak, dan rival sesama Asia Tenggara, Vietnam yang kerap menjadi momok menakutkan.

Bek Timnas Indonesia. Asnawi Mangkualam  (Foto: FIFA+)
Bek Timnas Indonesia. Asnawi Mangkualam (Foto: FIFA+)

Namun begitu, target Timnas Indonesia di Qatar tetap tinggi, dan akan mempengaruhi nasib Shin Tae-yong di kursi pelatih Timnas Indonesia. Berdasarkan informasi yang didapat Asnawi dari tim pelatih, Timnas Indonesia ditargetkan lolos ke babak 16 besar.

Memang ya pasti targetnya sampai saat ini yang aku dengar dari tim pelatih memang lolos dari penyisihan grup, kata Asnawi dikutip FIFA+, Jumat (2/6/2023).

Timnas Indonesia sejatinya memiliki peluang untuk lolos dari fase grup. Pasalnya, meski tergabung di grup neraka, Tim Merah Putih masih bisa mengamankan tempat di babak gugur via peringkat ketiga terbaik.

Oleh sebab itu, Asnawi menyatakan Timnas Indonesia akan berjuang maksimal. Terlebih menurutnya, saat ini, Timnas Indonesia memiliki materi pemain yang cukup menjanjikan.

Pokoknya kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih hasil yang baik, karena memang Timnas Indonesia memiliki [pemain] bisa dibilang tim terbaik saat ini, tandasnya.

Jadi Ajang Pertaruhan Shin Tae-yong?

Sebelumnya, Shin Tae-yong dikonfirmasi sudah menjalin kata sepakat dengan PSSI untuk menangani Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir usai Prosesi Pengukuhan Kepengurusan yang berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, pada 26 Mei 2023 silam.

Memang sudah ada pembicaraan dengan Shin Tae-yong bahwa beliau itu kontraknya habis di bulan Desember. Kan opsinya perpanjang atau tidak perpanjang, tapi kita ada kesepakatan bahwa kita akan persiapkan sampai Piala Asia,kata Erick.

Dua belah pihak sudah menyepakati. Jadi saya rasa hal yang gentleman disampaikan kita berdua dari pada ngomong di belakang harus punya kesempatan yang sama semua coach, ujarnya kemudian.

Di lain kesempatan, Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengisyaratkan hasil pada Piala Asia 2023 mempertaruhkan nasib Shin Tae-yong di kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Jika tidak mencapai target yang disepakati, bukan tidak mungkin pelatih asal Korea Selatan itu akan didepak.

Ada dong target. Kan sama seperti kata pak Erick semuanya ditargetkan pelatih-pelatihnya kalau tercapai target terusin kalau ngga tercapai? Harus tercapai target, kata Arya.

Dan harus kita bilang Ketum kita punya jaringan luas, buat nyari pelatih nggak susah bagi dia. Tapi kita harus fair, makanya dikasih objektifitas mereka dikasih target, ujar pria berkaca mata itu.

Kalau target mereka tercapai ya terusin, jangan nggak diterusin dong, target tercapai kok nggak diterusin, tutupnya.

Topik Menarik