Jaga Kemurnian Tembakau Lokal, Petani di Temanggung Dibantu Benih Gratis

Jaga Kemurnian Tembakau Lokal, Petani di Temanggung Dibantu Benih Gratis

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 18:22
share

TEMANGGUNG, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Temanggung memberikan bantuan benih tembakau gratis kepada petani. Tujuannya untuk menjaga kemurnian tembakau lokal varietas kemloko.

Bantuan benih tembakau gratis sekitar 110 kilogram atau setara untuk luas tanam kurang lebih 11.000 hektare, kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Temanggung, Joko Budi Nuryanto, Kamis (1/6/2023).

Menurut dia, bantuan benih tembakau varietas Kemloko 1, 2, 3, 4, 5, dan Kemloko 6. Bantuan benih gratis varietas kemloko untuk menjaga kemurnian tembakau Temanggung.

Karena varietas kemloko paling cocok ditanam di wilayah lereng Gunung Sindoro, Sumbing, dan Prahu, katanya.

Selain bantuan benih tembakau, nantinya juga ada bantuan pupuk tembakau, yakni jenis fertila dan ZA untuk luas lahan sekitar 2.700 hektare.

Ia menyampaikan bantuan pupuk dari dana APBN untuk 50 hektare, APBD provinsi 550 hektare dan dari APBD Kabupaten Temanggung bagi 2.100 hektare lahan tembakau.

Bantuan pupuk merupakan bentuk keberpihakan pemda kepada para petani tembakau, karena tidak ada pupuk subsudi bagi tembakau, katanya.

Topik Menarik