5 Rekomendasi Wisata Sekitar Monas, Bisa jadi Referensi Liburan Menyambut Long Weekend

5 Rekomendasi Wisata Sekitar Monas, Bisa jadi Referensi Liburan Menyambut Long Weekend

Travel | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 16:47
share

JAKARTA Terdapat sejumlah rekomendasi wisata sekitar Monumen Nasional (Monas) yang perlu diketahui. Deretan tempat ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan berlibur mengisi waktu Long Weekend.

Pada statusnya, Monas menjadi destinasi wisata favorit wisatawan ketika berkunjung ke Jakarta. Namun, selain Monas sendiri terdapat banyak lokasi lain di sekitarnya yang bisa menjadi tujuan liburan. Berikut di antaranya.

Bukan liburan biasa, Museum Nasional ini menjadi tujuan wisata edukatif yang memberi tambahan wawasan sejarah. Di sini, para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi peninggalan bersejarah yang jarang ditemui.2. Galeri Nasional IndonesiaGaleri Nasional Indonesia (GNI) adalah museum seni rupa modern dan kontemporer Indonesia yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Berlokasi di Jalan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat, pengunjung bisa memanfaatkan waktu liburnya untuk melihat pameran seni yang biasa ditampilkan di GNI.

Cukup banyak koleksi yang tersimpan di Galeri Nasional Indonesia. Tak hanya karya seniman dalam negeri, namun juga ada yang berasal dari buatan luar negeri.

Selain berolahraga, pengunjung juga bisa bersantai sambil melihat air mancur. Tak hanya itu, tersedia juga sejumlah spot foto instagramable yang bisa dicoba untuk mengabadikan momen.4. Perpustakaan NasionalBiasa dikenali sebagai Perpusnas, lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Tak hanya tampilannya yang memikat, gedung yang menyimpan jutaan koleksi ini juga rapi dan nyaman.

Pengunjung bisa datang ke Perpusnas untuk membuka berbagai jenis buku ataupun melakukan aktivitas lain. Dengan nuansa kenyamanannya, dijamin Anda bakal betah ketika mampir ke sini.5. Museum Joang 45Bangunan bersejarah ini terletak di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Jakarta Pusat. Mengutip Indonesia.go.id, Gedung Joang 45 awalnya dimiliki pengusaha Belanda bernama LC Schomper.

Sempat menjadi hotel, bangunan tersebut disita Jepang saat menduduki Indonesia. Setelahnya, gedung tersebut beberapa kali berganti pemilik dan beralih fungsi.

Sejak 1972, bangunan ini ditetapkan menjadi gedung bersejarah oleh Gubernur DKI Jakarta. Selesai pemugaran, Presiden RI meresmikannya menjadi sebuah museum.

Di tempat ini, para pengunjung bisa melihat sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Tak hanya itu, terpampang juga sederet foto para pejuang yang ditempel di dinding.

Itulah sejumlah tempat wisata sekitar Monas yang bisa dikunjungi untuk liburan.

(bim)