Heboh Turis Asing Berulah di Bali, Sandiaga Uno Ajak Netizen Ikut Kawal: Pariwisata Berkualitas Harus Dijaga

Heboh Turis Asing Berulah di Bali, Sandiaga Uno Ajak Netizen Ikut Kawal: Pariwisata Berkualitas Harus Dijaga

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 17:00
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut menanggapi adanya turis asing yang kerap berulah di Bali. Padahal, Bali menjadi salah satu destinasi wisata populer Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan asing.

Pariwisata kita ini berkualitas dan berkelanjutan dan ini yang harus dijaga, kata Sandiaga Uno saat ditemui awak media di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Sandiaga Uno juga mengajak agar netizen turut aktif mengawal, agar tindakan-tindakan turis asing yang berulah dapat terekspos. Hal ini juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya kejadian serupa.

Memang ada satu, dua cerita anekdotal yang keluar dan amplifikasi karena kekuatan sosial media yang patut kita syukuri karena di sosial media ini kita bisa tahu dan bisa mencegah, ujar dia.

Dia pun mengharapkan agar pariwisata di Indonesia tidak lagi tercoreng dengan ulah sejumlah oknum. Harapannya jangan sampai pariwisata yang sudah bergerak menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan ini tercoreng oleh tingkah laku dari oknum yang hanya segelintir, kata Sandiaga Uno.

Sandiaga juga mengajak masyarakat ataupun netizen untuk mengawal agar pariwisata di Indonesia tidak tercoreng dengan ulah turis nakal. Jadi saya mengajak para netizen juga ikut mengawal ini. Pemerintah Daerah ini bentuknya adalah kolaborasi lintas sektor yang sifatnya 360 derajat, katanya.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2023 tentang Tatanan Baru bagi Wisatawan Mancanegara Selama Berada di Bali yang berlaku 31 Mei 2023.

Topik Menarik