Amalkan Nilai Pancasila, Kunci Percepatan Pembangunan

Amalkan Nilai Pancasila, Kunci Percepatan Pembangunan

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 13:48
share

GenPI.co Kalbar - Tepat pada 1 Juni kali ini, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan serempak di seluruh daerah di tanah air, tidak terkecuali Kota Pontianak .

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, Pancasila menjadi falsafah negara dalam menuntun pola hidup masyarakat.

Di dalamnya terkandung nilai-nilai utama kehidupan.

Edi menyebut, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila digunakan sebagai motivasi agar semakin menguatkan pribadi bangsa di kancah internasional.

Hal tersebut dia sampaikan seusai Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman Kantor Wali Kota, Kamis (1/6).

"Dulu Bung Karno mengenalkannya di hadapan masyarakat dunia di sidang PBB. Beliau Presiden Indonesia pertama yang berbicara di sana dan menjelaskan tentang lima sila. Kita semangat setiap mengingat pidato hebat itu," ungkapnya.

Edi selalu mengajak perangkat daerah untuk membumikan Pancasila.

Sebagai bentuk pelayanan publik pula, sosialisasi tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila terus digencarkan, baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak maupun instansi vertikal.

Dia yakin, jika setiap orang memahami dan menerapkannya, maka pembangunan Kota Pontianak akan meroket.

"Saya mengajak masyarakat untuk berpedoman kepada Pancasila saat kita berada di tengah masyarakat," ujar Edi.

Berkat Pancasila pula yang erat dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, kata dia, merayakan Hari Lahir Pancasila juga bertujuan membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia, ucap Edi.

Pembangunan manusia adalah target selanjutnya. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, negara tengah melakukan percepatan penurunan stunting.

Di Kota Pontianak sendiri, dari data pihaknya menyebut sekitar dua ribu anak masih mengidap stunting.

Menyongsong Indonesia Emas tahun 2045, pengamalan terhadap Pancasila juga harus diterapkan dengan pembangunan manusia.

"Ada sebelas ribu anak, dua ribu diantaranya mengidap stunting. Dengan momentum ini saya mengajak aparatur di lingkungan Pemkot untuk bersama menanggulangi stunting," tutup Edi Rusdi Kamtono. (rls)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Topik Menarik