Verifikasi hingga 23 Juni, 862 Berkas Bacaleg Masuk ke KPU

Verifikasi hingga 23 Juni, 862 Berkas Bacaleg Masuk ke KPU

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 07:04
share

CIREBON- KPU Kabupaten Cirebon mencatat 862 berkas bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang masuk dari sejumlah Parpol peserta Pemilu 2024 mendatang.

Pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi (Vermin) hingga 23 Juni 2023 mendatang. Dalam Vermin yang dilakukan meliputi kegandaan baik dalam satu partai maupun dengan partai lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi, mengatakan, Vermin yang dilakukan merupakan salah satu tahapan yang dilaksanakan jelang Pemilu 2024.

"Kegandaan ini bisa terjadi baik di internal maupun eksternal partai. Jadi satu orang bisa muncul di beberapa dapil dalam satu partai atau satu nama muncul di beberapa partai," ujar Sopidi, dalam keterangannya, Rabu (31/5/2023).

Sopidi mengakui, Vermin yang dilakukan juga meliputi persyaratan administrasi lainnya, dimana syarat administrasi ini harus ada, lengkap dan utuh atau benar. "Vermin sendiri dilaksanakan dari 15 Mei hingga 23 Juni 2023," ungkap Sopidi.

Ia menjelaskan, dari hasil vermin ini akan diserahkan ke partai politik untuk dilakukan perbaikan, khususnya untuk bacaleg yang belum utuh dan benar. Setelah dilakukan perbaikan oleh partai politik baru diinput melalui Silon oleh KPU.

Lebih lanjut Sopidi mengungkapkan, dalam melakukan perbaikan berkas pendaftaran bacaleg partai politik juga diharuskan untuk memperbaiki syarat pendaftaran tersebut melalui aplikasi Silon.

"Setalah perbaikan selesai maka nanti akan dikeluarkan Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU," katanya.

Disinggung mengenai sudah ada kegandaan dari hasil Vermin ini, Sopidi memastikan sampai saat ini belum ditemukan kegandaan dari bacaleg yang didaftarkan oleh partai politik ke KPU. Karena sampai saat ini proses Vermin masih berjalan.

"Sejauh ini belum ada karena masih proses. Dan untuk memaksimalkan Vermin ini kami menyiapkan enam tim untuk melakukan Vermin dengan harapan satu hari bisa menyelesaikan satu partai yang harus divermin," ungkapnya.

Sopidi juga mengatakan, saat ini aplikasi Silon sendiri berjalan dengan baik dan sudah bisa dioperasionalkan dan mudah-mudahan tidak mengalami kendala sehingga pelaksanaan Vermin bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

"Partai politik diberikan waktu untuk melakukan perbaikan setelah tanggal 23 Juni 2023 ke depan," katanya.***

Topik Menarik