Semakin Meningkat, Puluhan Ribu Motor Listrik Beredar di Indonesia

Semakin Meningkat, Puluhan Ribu Motor Listrik Beredar di Indonesia

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 16:03
share

KabarOto.com - Jumlah yang semakin meningkat, sepertinya masyarakat sudah paham akan teknologi. Buktinya sudah ada ribuan unit motor listrik di masyarakat, dan jumlah akan meningkat sejalan dengan adanya insentif dari pemerintah.

Menjadi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, motor listrik mendapatkan insentif dari pemerintah. Berlaku sejak April lalu, calon konsumen bisa mendapatkan potongan Rp 7 juta apabila memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Terus mengalami peningkatan, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), Budi Setiyadi menyebut, saat ini sudah ada ribuan motor listrik yang beredar di seluruh Indonesia.

"Untuk awak memang saya rasa mungkin masih sedikit, masih tes, jadi masyarakat masih coba-coba. Tapi sekarang ini sudah ada 48 ribu motor listrik yang beredar di masyarakat, belum lagi sepeda listrik," kata Budi.

Selain mendorong calon konsumen untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan, Budi juga menyebut kalau Agen Pemegang Merek (APM) motor listrik yang beroperasi saat ini mencapai 52 APM sesuai dengan data Kementerian Perhubungan.

"Ada APM yang cepat dan telah membuka diler di beberapa provinsi. Hanya saja kemampuan setiap APM berbeda," ujarnya.

Salah satu faktor pendorong percepatan penggunaan kendaraan lingkungan, tak terlepas dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah juga semakin mendorong peralihan kendaraan bermotor bermesin pembakaran fosil ke kendaraan listrik.

"Di Inpres tersebut mengamanatkan kepada kantor-kantor pemerintah sampai dengan tingkat yang terbawah seperti Kabupaten itu segera menggunakan atau beralih dari mesin pembakaran fosil ke mesin-mesin listrik," pungkasnya.

Topik Menarik