PSSI Bidik Pemasukan Rp260 Miliar dari Laga Indonesia Vs Argentina

PSSI Bidik Pemasukan Rp260 Miliar dari Laga Indonesia Vs Argentina

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 16:18
share

JAKARTAPSSI menargetkan pendapatan sekitar Rp260 miliar dari laga Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 19 Juni 2023. Pemasukan tersebut diharapkan masuk dari penjualan tiket, hak siar televisi hingga sponsor.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan target penjualan laga Indonesia Vs Argentina dipatok mencapai Rp260 miliar karena sejumlah pertimbangan. Hal itu di antaranya biaya yang dikeluarkan untuk mengundang Timnas Argentina, fasilitas latihan, hingga membayar pelatih. Serta biaya lain-lain yang berhubungan dengan Timnas, ujar Erick dalam konferensi pers, dikutip dari Antara, Selasa 30 Mei 2023.

Sebagai informasi, biaya mendatangkan Argentina sendiri dikabarkan mencapai Rp73 miliar. Menurut Erick, sejumlah pos bakal memberikan pemasukan bagi PSSI yakni penjualan tiket, hak siar televisi serta sponsorship. Sebagai informasi, PSSI telah mematok harga tiket laga Indonesia Vs Argentina yakni Rp600.000 hingga Rp4.250.000. Pemerintah juga ikut memberikan dukungan, ujar Erick tanpa memerinci jumlah dana dari pemerintah.

Erick mengatakan ini kali pertama PSSI mengumumkan target penjualan dari sebuah program atau kegiatan. Menurut Erick, PSSI harus mulai terbiasa melakukan komersialisasi untuk menunjang program maupun pembangunan infrastruktur di masa mendatang. Saya ingin mendidik PSSI, jangan jadi PSSI yang kerap rugi. Apakah itu dari prestasi atau dalam usaha. PSSI harus dibiasakan punya strategi perencanaan yang tepat, ujar lelaki yang juga Menteri BUMN tersebut.

Survei Harga Tiket

Lebih lanjut, Erick mendorong ada survei terlebih dulu dalam penetapan harga tiket dalam laga Timnas, terutama laga melawan tim kuat dunia. Dengan demikian, PSSI dapat mengukur matang potensi biaya hingga pendapatan yang dapat diraih. Dengan pendapatan yang affordable, saya rasa target bisa ada profit. Ini agar (PSSI) bisa membawa pertandingan besar lagi, ujarnya.

Diketahui, PSSI baru saja menetapkan harga tiket Timnas Indonesia melawan Argentina. Kategori pertama yakni VIP Barat dan Timur dengan harga tiket Rp4.250.000. Kedua, Kategori 1 dengan harga Rp2.500.000. Ketiga, Kategori 2 dengan harga Rp1.200.000. Keempat, Kategori 3 dengan harga Rp600.000.

Seluruh harga tiket sudah termasuk pajak dan biaya servis lain. Ada sekitar 60.000 tiket yang disiapkan untuk laga uji coba akbar tersebut. PSSI menyebut tiket mulai dijual 5 Juni khusus untuk BRI card holder. Kemudian 6-7 Juni ada penjualan publik dengan metode semua pembayaran. Adapun pembelian tiket melalui website PSSI dan tiket.com.

Topik Menarik