Fitur Baru WhatsApp, Berbagi Layar hingga Pengingat Password

Fitur Baru WhatsApp, Berbagi Layar hingga Pengingat Password

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 13:43
share

CUPERTINO, iNewsKutai.id - Fitur baru WhatsApp akan segera diluncurkan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna aplikasi pesan instan paling populer di dunia tersebut.

Setidaknya ada 4 fitur baru WhatsApp yang dikabarkan segera bisa dinikmati. Fitur ini merupakan hasil pengembangan sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Apalagi, WhatsApp tidak lagi sekadar aplikasi tukar pesan secara instan namun juga menjadi media pertukaran data maupun conference. Dilansir SINDONews dari Gadgetshow Rabu (31/5/2023), ada 4 fitur baru WhatsApp yang kabarnya segera dinikmati pengguna. Berikut ulasannya:

Fitur Baru WhatsApp

1. Screen Sharing

Fitur baru WhatsApp yang pertama adalah screen sharing. Fitur ini menyerupai fasilitas yang disediakan Zoom. Fitur ini memungkinkan penggunanya berbagi layar selama panggilan video.

Pengguna bisa mengaktifkan di tampilan kontrol panggilan untuk memulai berbagi layar.Setelah fitur tersebut diaktifkan, maka konten yang akan ditampilkan di layar akan dibagikan dengan penerima.

Pengguna akan memiliki kendali penuh atas fitur tersebut dan bisa menghentikan proses berbagi layar kapanpun termasuk ketika panggilan video sedang berlangsung. Untuk diketahui, Fitur tersebut hanya diaktifkan dengan persetujuan eksplisit pengguna untuk membagikan konten layar mereka

2. Unique Username

Fitur baru WhatsApp selanjutnya adalah unique username atau nama pengguna yang unik. Pengguna bisa memilih nama khusus untuk akun mereka. WhatsApp akan memiliki bagian khusus untuk nama pengguna di menu pengaturan profil.

Alih-alih mengandalkan nomor telepon untuk mengidentifikasi kontak, nantinya pengguna pun akan memiliki opsi memilih nama pengguna yang unik dan mudah diingat. Pengguna bisa terhubung dengan orang lain hanya dengan memasukan nama tanpa memerlukan nomor telepon mereka.

Namun, fitur ini dikabarkan masih dalam pengembangan.

3. Password Reminder

Fitur baru WhatsApp berikutnya password reminder atau pengingat kata sandi baru untuk pengguna Android dan iOS. WABetainfo melaporkan, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memverifikasi kebenaran kata sandi cadangan terenkripsi end-to-end mereka, dan menggantinya bila ada ketidakcocokan.
Pengguna bisa mengamankan cadangan mereka dengan enkripsi end-to-end. Menurut laporan itu, baik WhatsApp maupun Apple atau Google selaku penyedia layanan, tidak akan memiliki kemampuan membaca cadangan terenkripsi maupun mengakses kunci pembuka.

Hal ini menguntungkan bagi pengguna, lantaran keamanan datanya terjamin.

4. Redesigned Settings Page

WhatsApp tengah mengembangkan antarmuka untuk versi aplikasi Android. Namun, fitur tersebut masih dalam pengembangan dan belum tersedia untuk penguji beta. Tampilan antarmuka yang ditingkatkan, kabarnya akan memperkenalkan tiga pintasan profil baru, yakni profil, privasi dan kontak.

Pintasan ini memungkinkan pengguna WhatsApp tidak perlu lagi menggulir secara ekstensif untuk mengakses opsi tersebut. Kemudian, WhatsApp juga bermaksud untuk mengintegrasikan pintasan untuk pesan berbintang serta perangkat yang ditautkan dalam aplikasi.

Demikian fitur baru WhatsApp yang akan segera dinikmati penggunanya.

Topik Menarik