Hujan Lebat, Tiga Kecamatan di Ambon Kebanjiran dan Longsor

Hujan Lebat, Tiga Kecamatan di Ambon Kebanjiran dan Longsor

Nasional | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 15:27
share

AMBON, iNews.id - Bencana banjir dan tanah longsor melanda sejumlah titik di tiga kecamatan Kota Ambon, Provinsi Maluku. Bencana tersebut akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa (30/5/2023) 2023.

Sekretaris BPBD Kota Pemkot, Eva Tuhumury mengungkapkan, titik longsor terjadi di RT 01/RW 07 Kawasan Gunung Nona Kecamatan Nusaniwe, talud rumah ambruk dan menimpa rumah warga lainnya.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon bencana tanah longsor dan banjir terjadi di tiga kecamatan yakni Nusaniwe, Sirimau dan Leitimur Selatan, ujar Eva di Ambon, Rabu (31/5/2023).

Sejumlah titik terancam longsor, kata dia seperti di Kelurahan Batu Gajah, kawasan Pandan-pandan, Skip Jembatan Putih RT/RW 004/002 Kelurahan Batu Meja, Kelurahan Batu Gajah RT/RW 003/004 dan RT/RW 004/004.

Kemudian, Kecamatan Nusaniwe di Batu Gantung Kelurahan Mangga Dua RT 001/RW 004, Air Salobar Atas RT/RW 002/002, serta kejadian pohon tumbang di Dusun Mahia, Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Negeri Kilang Kecamatan Leitimur Selatan dan Kayu Putih Desa Soya Kecamatan Sirimau.

Menurutnya, bencana banjir terjadi di lokasi Kampung Siwang merendam sekitar 10 rumah warga dan air berangsur surut, di Kudamati Farmasi Atas Lorong Tipka RT 001 / RW 006, dan banjir juga merendam 20 unit rumah warga di RT/RW 001/002 dan RT/RW 002/002 Kelurahan Waihaong.

Dia menjelaskan, BPBD melakukan pemantauan kejadian bencana, cuaca, tinggi muka air, tinggi gelombang, gempa, tsunami melalui BMKG seperti di laman resmi : InaTEWS dan memantau ketinggian permukaan air dari Command center Pemerintah Kota Ambon.

Lalu, melakukan pantauan dengan mengakses siaran radio dari chanel resmi BMKG Stasiun Pattimura dan menyiapkan laporan harian serta update kejadian bencana.

Pihaknya juga telah menyalurkan bantuan berupa gerobak, sekop, terpal dan karung sudah diberikan kepada warga yang terdampak untuk membersihkan longsoran tanah.

BPBD mengimbau warga mewaspadai potensi bencana alam saat hujan deras turun dalam waktu lama dan segera melaporkan kejadian bencana alam di lingkungan tempat tinggal ke BPBD melalui aparat pemerintah desa.

Warga kota juga bisa melaporkan kejadian bencana melalui laman www.lapor.go.id, atau mengirim pesan SMS ke nomor 1708, atau menyampaikan laporan ke nomor 08114706999 dengan format pesan: AMBON(spasi)ISI PESAN, demikian Eva Tuhumury.

Topik Menarik