Plafon Utang AS Belum Final, Wall Street Ditutup Beragam

Plafon Utang AS Belum Final, Wall Street Ditutup Beragam

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 07:36
share

JAKARTA Wall Street ditutup beragam pada perdagangan Selasa (30/5/2023) waktu setempat, tertekan kekhawatiran tentang anggota parlemen AS yang menentang kesepakatan untuk menaikkan batas utang USD31,4 triliun. Tetapi didukung oleh lonjakan lain dalam saham Nvidia yang secara singkat mengangkat pembuat chip tersebut ke dalam klub langka perusahaan senilai USD1 triliun .

Mengutip Reuters, indeks S&P 500 (.SPX) pada dasarnya ditutup stagnan tetapi tetap mendekati level tertinggi sejak Agustus 2022, tepat di atas 4.200 poin. Dow Jones Industrial Average juga lebih rendah sementara Nasdaq Composite (.IXIC) naik. S&P 500 dan Nasdaq masih ditetapkan untuk kenaikan bulanan di bulan Mei.

Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 50,56 poin, atau 0,15%, menjadi 33.042,78, S&P 500 (.SPX) naik 0,07 poin, atau 0,00%, menjadi 4.205,52 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 41,74 poin, atau 0,32%, menjadi 13.017,43.

Selama akhir pekan, Presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy setuju untuk menangguhkan sementara plafon utang dan membatasi sebagian pengeluaran federal. Pada Selasa, McCarthy mengatakan kesepakatan itu harus mudah bagi Partai Republik untuk memilih dan kemungkinan besar akan disahkan, tetapi beberapa Republikan sayap kanan mengatakan mereka menentang kesepakatan bipartisan.

"Saya tidak akan terkejut jika hasil pemungutan suara pertama gagal dan mereka harus kembali lagi," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA di New York. Tapi saya sangat yakin perjanjian plafon utang akan disetujui sebelum tanggal jatuh 5 Juni."

Komite Aturan DPR mulai mempertimbangkan RUU setebal 99 halaman, dengan Gedung Putih mengatakan Biden berbicara dengan anggota Kongres Demokrat yang progresif dan moderat.

Nvidia Corp (NVDA.O) memangkas keuntungan setelah mencetak rekor tertinggi. Perusahaan mengantisipasi lonjakan permintaan untuk chip AI-nya yang mendukung sensasi chatbot ChatGPT dan aplikasi lainnya.

Pembuat chip tersebut naik 3,0% untuk ditutup dengan kapitalisasi pasar sekitar USD991 miliar, sedikit di bawah klub elit dari enam perusahaan senilai USD1 triliun atau lebih.

"Nvidia adalah anak poster untuk AI saat ini," kata Thomas Hayes, ketua di Great Hill Capital LLC. "Jika tren AI ini nyata, permintaan langsungnya adalah chip dan daya komputasi.

Digital Realty (DLR.N) naik 1,7% setelah melonjak 14,6% pada dua sesi sebelumnya dengan harapan pusat data akan mendapat manfaat dari komputasi AI.

Kenaikan suku bunga Federal Reserve untuk melawan inflasi yang membandel menghambat pertumbuhan ekonomi dan keuntungan perusahaan, menyisakan sekitar 20 perusahaan untuk mendorong pengembalian total 10% untuk S&P 500 sepanjang tahun ini, kata Anthony Saglimbene, kepala strategi pasar di Ameriprise Financial di Troy, Michigan .

"Mendapatkan undang-undang plafon utang yang ditandatangani menjadi undang-undang tidak akan menghapus overhang lain yang masih ada di pasar," katanya, menambahkan bahwa mayoritas saham pada dasarnya menginjak air tahun ini.

"Itu lebih menggambarkan lingkungan pasar ini daripada kinerja indeks sebenarnya dari segelintir saham teknologi ini."

Indeks Philadelphia SE Semiconductor (.SOX) ditutup 0,1% lebih tinggi. Selama sesi itu naik sebanyak 2,8%, mencapai level tertinggi sejak Februari 2022. Hanya tiga dari 11 sektor S&P 500 yang lebih tinggi, sementara penurunan saham melebihi kenaikan saham di S&P 500 dan Nasdaq. Volume di bursa AS adalah 11,07 miliar saham.

Data menunjukkan kepercayaan konsumen naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei, yang dapat memicu spekulasi bahwa Fed mungkin akan menaikkan suku bunga lebih banyak untuk melawan inflasi. Pedagang berjangka menetapkan peluang 65% dari kenaikan suku bunga 25 basis poin pada akhir pertemuan pembuat kebijakan Fed pada 13-14 Juni. FEDWATCH

Laporan pengangguran Departemen Tenaga Kerja yang diawasi ketat untuk bulan Mei, yang akan dirilis pada hari Jumat, akan mengisyaratkan betapa tangguhnya perekonomian karena tingkat yang lebih tinggi menghambat jalur kredit perusahaan. Saham Tesla (TSLA.O) naik, memperpanjang kenaikan hari Jumat. CEO Elon Musk tiba di ibu kota China, Beijing, untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Masalah yang menurun melebihi jumlah yang meningkat di NYSE dengan rasio 1,12 banding 1; di Nasdaq, rasio 1,21 banding 1 disukai yang menolak. S&P 500 membukukan 20 tertinggi baru dalam 52 minggu dan 17 terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 89 tertinggi baru dan 121 terendah baru.

(nng)

Topik Menarik