Tegang, Jet Tempur China Melintas Depan Hidung Pesawat Militer AS

Tegang, Jet Tempur China Melintas Depan Hidung Pesawat Militer AS

Travel | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 07:41
share

WASHINGTON, iNews.id - Sebuah jet tempur China melakukan manuver \'agresif yang tidak perlu\' di dekat pesawat militer AS di atas Laut China Selatan, wilayah udara internasional.

Amerika Serikat dalam pernyataannya pada Selasa (30/5/2023) mengatakan, komando militer AS yang bertanggung jawab atas Indo-Pasifik melaporkan pesawat J-16 China melakukan manuver minggu lalu. Jet itu memaksa pesawat RC-135 AS untuk terbang dengan turbulensinya.

AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi - dengan aman dan bertanggung jawab - di mana pun hukum internasional mengizinkan, kata Pentagon.

Sebuah video menunjukkan jet tempur melintas di depan hidung pesawat AS. Kokpit RC-135 bergetar dalam turbulensi.

Sayang Kedutaan China di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar. Di masa lalu, China mengatakan dengan AS mengirim kapal dan pesawat ke Laut China Selatan merupaka sesuatu yang tidak baik untuk perdamaian.

Peristiwa ini bukan kali pertama terjadi. Pada bulan Desember, sebuah pesawat militer China datang dalam 3 meter dari pesawat Angkatan Udara AS. Hal itu memaksanya melakukan manuver mengelak untuk menghindari tabrakan di wilayah udara internasional.

AS menyebut pesawat militer China terus melakukan langkah-langkah yang berbahaya.

Hubungan antara China dan AS tegang, dengan gesekan antara dua ekonomi terbesar dunia atas segala hal. Di antaranya Taiwan, catatan hak asasi manusia China hingga aktivitas militernya di Laut China Selatan.

Topik Menarik