Pembaruan WhatsApp, Ini 4 Fitur Baru yang Akan Hadir

Pembaruan WhatsApp, Ini 4 Fitur Baru yang Akan Hadir

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 06:36
share

SAN FRANSISCO WhatsApp terus melakukan pembaruan dan menghadirkan sejumlah fitur-fitur baru untuk memberikan pengalaman menarik bagi para penggunanya.

Beberapa waktu terakhir ini, WABetainfo melaporkan, WhatsApp tengah mengerjakan sejumlah fitur baru yang diharapkan akan meluncur beberapa minggu mendatang.

Lantas apa sajakah fitur-fitur baru yang kemungkinan akan diluncurkan WhatsApp? Dilansir dari laman gadgetsnow, berikut ini empat fitur baru yang akan diluncurkan WhatsApp.

1. Password ReminderWABetainfo menyebutkan, WhatsApp akan memperkenalkan fitur password reminder atau pengingat kata sandi baru untuk pengguna Android dan iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memverifikasi kebenaran kata sandi cadangan terenkripsi end-to-end mereka, dan menggantinya bila ada ketidakcocokan.

Dengan memilih kata sandi priadi atau kunci enkripsi 64 digit yang hanya diketahui, pengguna bisa mengamankan cadangan mereka dengan enkripsi end-to-end. Menurut laporan itu, baik WhatsApp maupun Apple atau Google selaku penyedia layanan, tidak akan memiliki kemampuan membaca cadangan terenkripsi maupun mengakses kunci pembuka. Hal itu tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna, lantaran keamanan datanya terjamin.

2. Screen SharingWhatsApp juga akan memperkenalkan fitur screen sharing atau berbagi layar baru, yang memungkinkan penggunanya berbagi layar selama panggilan video. Para pengguna akan melihat ikon baru di tampilan kontrol panggilan, yang bisa membuat pengguna untuk memulai berbagi layar.

Setelah fitur tersebut diaktifkan, maka konten yang akan ditampilkan di layar akan direkam dan dibagikan dengan penerima. Laporan tersebut juga menjelaskan, bahwa pengguna akan memiliki kendali penuh atas fitur tersebut.

Mereka bisa menghentikan proses berbagi layar kapanpun, meskipun transmisi konten latar mereka tengah berlangsung selama panggilan video. Untuk diketahui, Fitur tersebut hanya diaktifkan dengan persetujuan eksplisit pengguna untuk membagikan konten layar mereka

3. Unique UsernameWhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur unique username atau nama pengguna yang unik. Fitur tersebut memungkinkan pengguna memilih nama pengguna khusus untuk akun mereka. Kendati fitur tersebut belum terlihat lantaran masih dalam pengembangan, laporan itu menyebutkan bahwa WhatsApp akan memiliki bagian khusus untuk nama pengguna di menu pengaturan profil.

Pengenalan nama pengguna di WhatsApp akanembetikan pengguna lapisan privasi tambahan untuk akun mereka. Alih-alih hanya mengandalkan nomor telepon untuk mengidentifikasi kontak, nantinya pengguna pun akan memiliki opsi memilih nama pengguna yang unik dan mudah diingat.

Fitur tersebut pun memungkinkan para pengguna untuk terhubung dengan orang lain, dengan hanya memasukan nama pengguna di dalam aplikasi, tanpa memerlukan nomor telepon mereka.

4. Redesigned Settings PageWhatsApp tengah mengembangkan antarmuka pengaturan baru untuk versi aplikasi Android. Tapi, sayangnya fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk penguji beta.

Tampilan antarmuka yang ditingkatkan, kabarnya akan memperkenalkan tiga pintasan profil baru, yakni profil, privasi dan kontak. Dengqn adanya pintasan tersebut, lengguna WhatsApp tidak perlu lagi menggulir secara ekstensif untuk mengakses opsi tersebut.

Kemudian, WhatsApp juga bermaksud untuk mengintegrasikan pintasan untuk pesan berbintang serta perangkat yang ditautkan dalam aplikasi.

(wib)

Topik Menarik