Biodata dan Agama Ecky Lamoh, Mantan Vokalis Edane yang Curi Perhatian di Konser Ahmad Dhani

Biodata dan Agama Ecky Lamoh, Mantan Vokalis Edane yang Curi Perhatian di Konser Ahmad Dhani

Seleb | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 01:46
share

JAKARTA Pada konser Ahmad Dhani yang bertajuk Konser 51 Tahun Kerajaan Cinta Ahmad Dhani, banyak yang hadir dan mendapat respon positif. Salah satu aksi yang mencuri perhatian pada konser tersebut adalah munculnya penyanyi Ecky Lamoh dan menyanyikan lagu Dewa 19 di malam itu. Konser Ahmad Dhani diselenggarakan tanggal 28 Mei 2023 yang di Istora Senayan.

Mantan vokalis Edane tersebut, tampak memasuki panggung dan berjalan ke area depan panggung sambal membawa stand mic bersamanya. Setelah itu Ecky Lamoh mulai bernyanyi lagu Cukup Siti Nurbaya, hal itu sontak membuat penonton kaget dan membuat suasana semakin meriah.

Dan dengan kejadian itu, banyak dari warganet yang juga belum mengetahui Ecky Lamoh. Berikut adalah biodata dari Ecky Lamoh, yang diambil dari berbagai sumber.

Ecky Lamoh dan Ahmad Dhani

Biodata Ecky Lamoh

Bernama lengkap Alexander Theodore atau yang biasa dikenal Ecky Lamoh, lahir di Jakarta, 13 Juli 1961. Ecky merupakan seorang musisi, penyanyi dan juga mantan vokalis dari band Edane. Ecky sendiri merupakan kependekan dari namanya, Alexander, dan Lamoh merupakan marga dari keluarganya yang merupakan keturunan dari Minahasa. Belum diketahui secara pasti agama Ecky Lamoh.

Awal Karier

Pada sewaktu kecil, Ecky sudah bisa bernyanyi dan ternyata neneknya, Tora Fischer melihat bakat dari cucunya tersebut dan menyarankan Ecky untuk sering bernyanyi lagu-lagu klasik. Namun, dengan seiringnya waktu, Ecky justru pindah genre menjadi Blues dan Hard Rock.

Pada tahun 1973, berkat dari sahabat ayahnya, Leo Fiolle yang saat itu bekerja sebagai kameramen film, Ecky mendapat peran di film Pencopet. Di film itu Ecky berperan sebagai kadir kecil.

Beberapa tahun kemudian, Ecky mulai menciptakan lagu sendiri bersama temannya dan bergabung dalam kelompok vokal Emerson dan menjadi juara 1 lomba cipta lagu remaja di tahun 1978. Dan di tahun berikutnya, Leo Fiolle membantu dengan membiayai Ecky dan temannya untuk membuatkannya album rekaman.

Pada tahun 1980-an, Ecky bergabung ke dalam teater September yang diketuai oleh Ali Shahab. Disana Ecky bertemu dengan legenda Indonesia seperti, Rahayu Effendi, Wolly Sutinah, Jaja Mihardja, Nirin Kumpul, Yani Wulandari, Mat Tuyul, M.Toha, M. Nasir, dan masih banyak lagi.

Ecky selama di teater September membantu dalam proses produksi dan lainnya, dibantu dengan para legenda dan banyak mendapat ilmu dari sana. Ecky bergabung dengan teater September melahirkan karya yang tayang di televisi nasional hingga tahun 1983.

Karier Musik dan Grup Band Edane

Di tahun berikutnya, Ecky yang mempunyai jiwa musisi dan bakatnya dalam bermusik, kembali ke jalannya dengan memperlihatkan karyanya ke publik. Dia menekuni musik bergenre rock secara sembunyi dari keluarganya, Ecky banyak dipengaruhi oleh band-band rock di masa itu seperti Led Zeppelin.

Di tahun 1984, Ecky dan temannya membentuk band untuk pertama kalinya dengan nama AERO yang berada di Jakarta. Seiring berjalannya waktu, Ecky menjadi terkenal dan banyak dilirik oleh band-band pada masa itu, pada tahun 1986, Ecky bergabung dengan Elpamas yang merupakan band asal Pandaan, Jawa Timur.

Pada tahun yang sama, Ecky juga bergabung bersama Ekki Soekarno yang juga mempertemukan Ecky dengan Eet Sjahranie dan menghasilkan satu album yang diberi nama EDANE.

Pada tahun 1989, Ecky menemui Jockie Surjoprajogo dan menyarankan Ecky, untuk menemui Jimmy Doto untuk menggarap lagu bersama dengan Eet Sjahranie. Dan akhirnya menyetujui kesepakatan itu, dan pada pertengahan penggarapan album, Eet yang ditunjuk menjadi musik Direktor itu, mengajukan sebuah ide agar album ini namanya album Eki Lamoh dan Eet Syahranie.

Ecky pun, setuju-setuju saja. Jimmy Doto yang juga berperan penting dalam proyek ini, mengusulkan sebuah nama, yaitu E & E sehingga menjadi album duo. Ecky juga menyetujui itu. E & E mengalami perkembangan dalam nama pada saat proses rekaman itu berjalan. Hingga sekarang orang mengenal grup band itu bernama EDANE, dan hingga kini dikenal sebagai pelopor Hard Rock and Roll Indonesia.

Ecky Lamoh

Nama lahir: Alexander Theodore

Lahir: Jakarta, 13 Juli 1961

Jenis Musik: Hard Rock, Blues

Pekerjaan: Penyanyi

Instrumen: Vokal

Topik Menarik