Wapres Minta Guru Olahraga di Sekolah Disertifikasi

Wapres Minta Guru Olahraga di Sekolah Disertifikasi

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 22:26
share

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin telah meminta agar guru pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan di sekolah bisa disertifikasi. Hal ini dalam rangka memajukan kualitas olahraga Indonesia terutama sejak ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Program penyiapan guru olahraga bersertifikat itu harus dibuat. Sebab, tanpa guru bersertifikat kita tidak akan bisa mencapai prestasi, tegas Wapres saat memimpin Rapat Tingkat Menteri tentang Desain Besar Olahraga Nasional, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/5/2023) sore.

Dalam keterangannya usai rapat, Wapres harap dengan adanya guru olahraga tersertifikasi, akan meningkatkan peluang prestasi olahraga Tanah Air.

Kita ingin menyiapkan guru-guru olahraga yang bersertifikat, supaya nanti muridnya menjadi olahraga yang berprestasi, jelas Wapres.

Keberhasilan para atlet harus didorong sejak dini melalui pendidikan di sekolah,. Sehingga sekolah diharapkan mampu memfasilitasi keperluan olahraga, baik dari kurikulum, infrastruktur, dan sumber daya manusia.

Saya ingin olahraga ini dimulai ke depan itu dari sekolah, kita harus melakukan olahraga, dari SD sampai perguruan tinggi. Ini harus kita bangun dari mulai sekolah, terangnya.

Wapres Apresiasi Prestasi di SEA Games 2023

Dalam kesempatan tersebut, tidak lupa, Wapres memberikan apresiasi kepada para atlet yang telah berhasil meraih medali di berbagai cabang olahraga pada SEA Games 2023.

Alhamdulillah ada peningkatan prestasi, di SEA Games kita melebihi target medali yang sudah ditentukan. Yang kedua, sepakbola kita, setelah 32 tahun kita menunggu bisa menjadi juara di SEA Games kemarin, pungkas Wapres.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menuturkan, pemerintah memastikan sekolah akan menjadi dasar dalam mendidik dan meningkatkan kualitas olahraga nasional.

Kita akan memastikan bahwa olahraga nasional kita berbasis sekolah. Karena itu, peranan dari Kemendikbudristek, Kementerian Agama, itu menjadi sangat strategis, ujarnya.

Hal senada diungkapkan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tatang Muttaqin, yang menyebutkan, Kemendikbudristek telah melakukan peningkatan kompetensi guru olahraga, serta memetakan kebugaran pelajar di tanah air.

Ada juga peningkatan kompetensi untuk guru pendidikan, jasmani, dan olahraga kesehatan, serta pemetaan tingkat kebugaran siswa melalui asesmen nasional kebugaran, jelas Tatang.

Topik Menarik