Jemaah Calon Haji Papua Diingatkan Saling Bantu, Terutama Terhadap Lansia

Jemaah Calon Haji Papua Diingatkan Saling Bantu, Terutama Terhadap Lansia

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 20:25
share

MAKASSAR, iNewsJayapura.id - 388 jemaah calon haji atau JCH asal Provinsi Papua diberangkatkan sebagai satu kloter utuh, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9, Selasa (30/5/2023) pukul 3.00 WITA dari Bandara Internasional Hasanuddin di Makassar.

Sebelumnya, JCH Kloter 9 dilepas Staf Khusus Menteri Agama Bidang Hubungan Antar Kementerian/Lembaga, TNI-Pori, serta Kerukunan dan Toleransi H. Mohammad Nuruzzaman, di aula Mina, Embarkasi Makassar.

Nuruzzaman berpesan agar jemaah calon haji mengutamakan aktivitas ibadah haji, sehingga harus menyiapkan fisik dan tenaga dengan baik untuk keperluan tersebut, dan tidak melakukan aktivitas lain di luar ibadah.

Jangan membebaninya dengan kegiatan yang tidak perlu. Fokus pada ibadah hajinya. Saya juga menyarankan untuk mencukupkan umrah wajib, dan memperhatikan istirahat. Utamakan hajinya bukan utamakan umrohnya. Simpan tenaga untuk kegiatan haji, ucapnya.

Nuruzzaman meminta jemaah untuk saling membantu teman dan saudara di sekitarnya terutama yang lanjut usia atau lansia. Jika kesulitan, dapat mendatangi petugas untuk bertanya.

Dia juga mengingatkan cuaca yang sangat panas di Arab Saudi. Mudah-mudahan bisa senang nyaman dan dimudahkan. Insyaallah akan menjadi haji mabrur, ujarnya.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, H. Syamsuddin yang hadir pada acara pelepasan meminta para petugas agar kompak, bersinergi, bekerjasama, dan menjaga persatuan di setiap momen dan tempat, dalam memberi pelayanan terbaik bagi JCH, terlebih bagi para lansia.

Komposisi lansia yang naik di tahun ini menurutnya tidak lepas dari situasi dan kondisi pandemi Covid19 sebelumnya yang membatasi lansia demi alasan kesehatan.

Dia berharap jemaah dapat menjaga kesehatan, menunaikan ibadah haji sebaik-baiknya sehingga pulang dengan meraih haji yang mabrur.

Sementara itu, Ketua PPIH Provinsi Papua H. Rasmani Sumarta, mengatakan, Kloter 9 asal Provinsi Papua terdiri dari JCH Kabupaten Mimika sebanyak 182 orang, Kabupaten Nabire 141 orang, Kabupaten Asmat sebanyak 43 orang, Kabupaten Keerom 12 orang, Kabupaten Biak Numfor 8 orang, termasuk 1 orang dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) dan 1 orang Petugas Haji Daerah (PHD). Adapun secara usia, JCH Provinsi Papua kloter 9 termuda 19 tahun dan tertua 96 tahun.

Hadir pada kesempatan pelepasan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, KH. Khaeroni, Ketua PPIH Provinsi Papua Rasmani Sumarta, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asmat, Fransiskus Mabel, Kepala Kemenag Kabupaten Mimika Lucas Yasi, Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Keerom, Richard A. Gemenase, dan Penyelenggara Haji Kabupaten Keerom, dan Penyelenggaraan Haji Kabupaten Mimika.

Topik Menarik