Tanggal Merah Bulan Juni 2023, Siap-siap Liburan Nih

Tanggal Merah Bulan Juni 2023, Siap-siap Liburan Nih

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 14:52
share

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Bulan Mei tahun ini akan segera berakhir sebentar lagi. Kabar baiknya, di bulan Juni ini akan banyak hari libur yang akan muncul dan tentunya sangat dinantikan banyak orang.

Dengan banyaknya cuti bersama dan tanggal merah, tentunya akan mampu membantu untuk mempersiapkan jadwal liburan dengan memperhatikan tanggal merah yang ada di tahun 2023. Lalu tanggal berapa saja yang akan menjadi tanggal merah di bulan Juni 2023 ini? berikut ini informasinya.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2023, terdapat di dalamnya aturan mengenai tanggal merah di Bulan Juni 2023.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2023, setidaknya akan ada tiga hari yang merupakan hari libur nasional.

1. Hari Lahir Pancasila.

Pertama adalah tanggal 1 Juni yang akan jatuh pada hari Kamis. Pada tanggal ini, Indonesia akan memperingati Hari Lahir Pancasila.

Hari lahir pancasila merupakan perayaan yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni di Indonesia. Peringatan ini menghormati kelahiran Pancasila, yaitu dasar negara Indonesia yang menjadi pijakan dalam pembangunan bangsa dan negara. Pancasila terdiri dari lima prinsip dasar yang dijadikan panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Hari Raya Waisak.

Tanggal merah kedua yakni peringatan Hari Raya Waisak. Libur nasional Hari Raya Waisak akan terjadi pada 4 Juni 2023. Namun pada tanggal 2 Juni diprediksi akan menjadi cuti bersama untuk peringatan Waisak.

Hari Raya Waisak, juga dikenal sebagai Vesak atau Buddha Purnima, adalah perayaan penting dalam agama Buddha yang dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia. Waisak jatuh pada tanggal yang bervariasi setiap tahunnya, tergantung pada penanggalan kalender lunar.

Hari Raya Waisak memiliki makna yang sangat penting bagi umat Buddha. Pada hari ini, mereka memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Siddhartha Gautama, pendiri agama Buddha, yang kemudian menjadi Sang Buddha atau Pencerah. Tiga peristiwa tersebut adalah kelahiran Sang Buddha, pencapaian pencerahan (Buddhahood), dan parinirvana (kemangkatan Sang Buddha).

3. Hari Raya Idul Adha.

Hari libur yang terakhir akan terjadi pada akhir bulan Juni. tepatnya akan terjadi pada 29 Juni yang akan menjadi peringatan hari raya Idul Adha.

Hari Raya Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu perayaan utama dalam agama Islam. Hari raya ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah, yang merupakan bulan terakhir dalam penanggalan Islam.

Idul Adha memiliki makna yang sangat penting bagi umat Muslim. Perayaan ini mengenang peristiwa ketika Nabi Ibrahim (Abraham) siap untuk mengorbankan putranya, Ismail (Ishmael), sebagai bentuk kesetiaan dan ketaatan kepada Allah. Namun, dalam ujian tersebut, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba sebagai tanda pengorbanan yang diterima-Nya. Oleh karena itu, Hari Raya Idul Adha juga merupakan peringatan akan kesetiaan, ketaatan, dan pengorbanan yang diperlihatkan oleh Nabi Ibrahim.

Nah, itulah tadi tanggal merah di Bulan Juni 2023 beserta apa saja yang mendasari peringatan tersebut. Yuk persiapkan liburanmu mulai dari sekarang.

Topik Menarik