Mendag Nyatakan Pentingnya Penguatan ASEAN Sebagai Epicentrum of Growth Kawasan

Mendag Nyatakan Pentingnya Penguatan ASEAN Sebagai Epicentrum of Growth Kawasan

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 14:03
share

Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 telah berlangsung pada 6 hingga 11 Mei 2023. Puncak Pertemuan Tingkat Kepala Negara ASEAN dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 10 Mei 2023 di Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dukungan Prioritas Ekonomi: Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, salah satu hasil penting KTT ASEAN ke-42, khususnya di pilar ekonomi, adalah dukungan terhadap 16 capaian prioritas ekonomi yang diusung Indonesia tahun ini.Dukungan tersebut, kata Mendag untuk memperkuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan (epicentrum of growth) di kawasan.

Dari keenam belas capaian prioritas ekonomi tersebut, tujuh di antaranya berada di bawah kewenangan Menteri Perdagangan RI sebagai Ketua dari ASEAN Economic Ministers (AEM), ujar menteri yang akrab disapa Zulhas itu melalui keterangan pers, dikutip Selasa (30/5/2023).

Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik: Selain capaian prioritas ekonomi, hasil penting lainnya di bidang ekonomi adalah perkembangan implementasi ASEAN Economic Community Blue Print 2023, hingga perkembangan Visi Masyarakat ASEAN Pasca-2025.

Di samping itu, lanjut Zulhas juga terkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik di kawasan. Pada pertemuan ini, Kepala Negara Timor Leste juga turut hadir dalam kapasitasnya sebagai negara observer.

Pada KTT ASEAN kali ini, para kepala negara telah menghasilkan kesepakatan untuk memperkuat perdagangan yang berkelanjutan, meningkatkan perdagangan intra-ASEAN, serta mendorong penguatan rantai pasok kawasan dan investasi, terang Zulhas.

Deklarasi Bersama: Selain itu, Mendag mengatakan para kepala negara juga telah menyepakati Deklarasi Bersama untuk Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik.

Serta Deklarasi Bersama untuk Mendorong Konektivitas Pembayaran Regional dan Mempromosikan Transaksi Mata Uang Lokal yang menjadi capaian penting di pilar ekonomi, imbuhnya.

Pada perhelatan akbar KTT ASEAN ke-42 ini, Mendag Zulkifli Hasan didaulat Presiden Joko Widodo untuk menyambut kedatangan Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Bandara Internasional Komodo pada Senin (8/5).

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan turut mendampingi Presiden Joko Widodo pada pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone untuk membahas sejumlah kerja sama ekonomi antara kedua negara pada Selasa (9/52023). Pembahasannya, antara lain meliputi bidang energi dan transportasi.

Topik Menarik