4 Alasan Umum Penyebab Lampu Sein Motor Mati

4 Alasan Umum Penyebab Lampu Sein Motor Mati

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 09:09
share

Lampu sein merupakan salah satu perangkat yang sangat penting saat berkendara. Fungsinya sebagai penanda bagi pengendara di belakang ketika pengendara di depannya ingin berbelok atau mengubah arah. Namun, masih sering kita temui beberapa pengendara yang tidak menghidupkan lampu sein saat berbelok. Masalah ini sering terjadi karena adanya kerusakan pada lampu sein sehingga tidak berfungsi, nah apa sih yang menjadi penyebab lampu sein motor mati. Karena hal ini sangat membahayakan karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Lalu, apa penyebab lampu sein tidak berfungsi saat dinyalakan? Berikut ini adalah beberapa penyebab lampu sein motor mati yang dikutip dari laman Suzuki:

Salah satu kemungkinan penyebab lampu sein motor mati adalah karena saklar yang kotor. Anda dapat memeriksa saklar tersebut dengan menggerakkannya. Jika saklar bergerak sesuai yang Anda arahkan, itu berarti lampu sein masih berfungsi dengan baik. Namun, jika saklar bergerak tetapi lampu sein tidak menyala, berarti tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi saklar yang sudah kotor atau rusak, sehingga perlu diganti.

Penyebab kedua lampu sein mati adalah flasher sein yang rusak atau kotor. Sirkuit listrik pada flasher sein berfungsi untuk mengatur arus listrik agar lampu sein dapat berkedip. Ada dua ciri yang dapat Anda kenali untuk mengetahui apakah flasher sein mengalami kerusakan atau tidak. Pertama, lampu sein motor terus menyala tanpa berkedip. Kedua, lampu sein tidak menyala atau mati sebelah.

Jika lampu sein terus menyala tanpa berkedip, itu menunjukkan bahwa flasher sein rusak dan masalah terjadi pada sirkuit tengah saat titik sentuh dalam posisi bertemu. Jika lampu sein tidak menyala, itu berarti titik sentuh yang berada di sirkuit tengah telah terpisah.

Faktor lain yang dapat menyebabkan lampu sein mati adalah bohlam dan kabel yang putus. Jika salah satu bohlam putus, hal ini akan berpengaruh pada bohlam lainnya. Bohlam pada lampu sein saling mempengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa semua bohlam pada lampu sein tidak mengalami kerusakan atau putus.

Jika ketiga komponen di atas telah Anda periksa dan dalam kondisi baik tanpa kerusakan, namun lampu sein masih tidak berfungsi, kemungkinan penyebab lainnya adalah tegangan aki yang tidak mencapai batas maksimal. Aki pada motor Anda harus memiliki voltase yang baik, yaitu di atas 12 volt. Jika voltase motor Anda kurang dari 12 volt, hal ini dapat menyebabkan lampu sein tidak berfungsi. Oleh karena itu, pastikan juga bahwa tegangan aki pada motor Anda mencapai batas maksimal.

Penggunaan lampu sein sangat penting dalam berkendara untuk memberikan tanda kepada pengendara lain. Namun, seringkali terjadi masalah pada lampu sein yang menyebabkan tidak berfungsinya lampu tersebut. Beberapa penyebab yang umumnya ditemui antara lain saklar yang kotor, flasher sein yang rusak atau kotor, bohlam dan kabel yang putus, serta tegangan aki yang tidak maksimal. Penting bagi pengendara untuk memeriksa dan menjaga kondisi semua komponen tersebut agar lampu sein dapat berfungsi dengan baik, sehingga keselamatan dalam berkendara tetap terjaga.

Topik Menarik